Ini 6 Ikan yang Baik untuk Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

Ikan yang Baik Bagi Penderita Diabetes
Ikan Kembung
banner 400x400

Hajinews.id Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang baik untuk penderita diabetes. Karena ikan mengandung banyak nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan penderita diabetes. Yuk simak manfaat makan ikan bagi penderita diabetes, termasuk cara mengolahnya dan manfaatnya

Kandungan Nutrisi Ikan

Perlu diketahui dalam ikan ternyata banyak kandungan yang baik untuk penderita diabetes yakni protein dan lemak omega-3 seperti EPA dan DHA. Selain itu, di dalam ikan juga terdapat kandungan vitamin D, vitamin B12, dan mineral; seperti yodium, fosfor dan zat besi yang bermanfaat bagi kesehatan tulang, mata, dan sistem saraf.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Sumber makanan yang berasal dari ikan cukup baik dikonsumsi oleh pendrita diabetes. Kenapa baik bagi penderita diabetes? Karena didalam ikan mengandung Protein omega-3 yang dapat memenuhi kebutuhan energi dan kesehatan jantung penderita diabetes.

Selain itu Ikan juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Dengan begitu penderita diabetes tidak perlu khawatir karena ikan tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara tiba-tiba. Justru, makan ikan dapat membantu mempertahankan kadar glukosa (gula) secara konsisten.

Jenis Ikan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Kendati ikan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes namun nilai gizi ikan akan berbeda-beda tergantung jenis ikan yang dipilih. Berikut ini beberapa jenis ikan yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah, di antaranya:

1. Salmon

Jenis ikan ini dapat mengurangi komplikasi kardiovaskular yang terkait dengan diabetes seperti stroke dan gagal jantung lantaran ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3. Lemak esensial ini dapat mengurangi komplikasi kardiovaskular. Selain itu, jenis ikan ini aman untuk meningkatkan sensitivitas insulin.

2. Makarel

Untuk diketahui ikan mackerel berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ikan ini juga dipercaya dapat mencegah penyakit jantung dan demensia. Hal tersebut lantaran kandungan serat, protein, asam omega-3, vitamin, serta mineral dalam ikan makarel.

3. Ikan Kembung

Sementara itu ikan kembung pun mengandung kandungan asam lemak dan protein yang tinggi. Hal ini tentunya akan berdampak baik pada kesehatan jantung, pembuluh darah, serta kadar gula di dalam darah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *