Gus Baha: Ini Tips untuk Mempersiapkan Diri Sambut bulan Ramadan 

Mempersiapkan Diri Sambut bulan Ramadan 
Gus Baha

Hajinews.id – Persiapan Ramadan mendatang yang dilakukan banyak kalangan mengikuti tradisi ulama ternama.

Gus Baha, salah satu pakar ternama dengan keilmuan yang luas dan mendalam, memberikan tips bagaimana persiapan menyambut bulan puasa.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Persiapan umat muslim menjelang bulan puasa meliputi persiapan fisik dan mental. Dalam hal ini, semua orang pasti bisa melakukannya sendiri, apalagi dalam hal berpuasa dan pakaian baru.

Berkaitan dengan persiapan rohani, Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha memberikan penjelasan menarik bahwa salah satu cara untuk mempersiapkan bulan Ramadan adalah dengan mempelajari literatur para ulama terdahulu.

“Di antara ijazah dari Mbah Maimoen Zubair juga ijazah bapak, ngendika (mengatakan) ‘Ihdinas shiratal mustaqim. Shirātal ladzīna an‘amta ‘alaihim ghairil maghdhūbi alaihim wa lad dhāllīn.’ Jadi, kita tidak bisa shaleh tanpa meniru orang terdahulu. Kita tidak bisa baik tanpa meniru orang terdahulu, ” ungkap Gus Baha dalam tayangan video “Menyambut Ramadan Bersama Gus Baha”, dikutip pada Senin (15/3/2023).

Karena dalam ayat tersebut, lanjut Gus Baha, Allah tidak hanya berfirman ihdinasirotol mustaqim atau “Tunjukan kami jalan yang lurus” semata. Tetapi, Allah juga berfirman bahwa jalan yang benar yakni jalan mereka yang telah Allah beri nikmat. “Jadi, Allah menghendaki ini, ada masternya,” ujarnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *