6 Hal Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes Saat Lebaran

Harus Dihindari Penderita Diabetes Saat Lebaran
kue kering
banner 400x400

Saat Lebaran, seringkali ada makanan dan minuman yang tinggi gula, sehingga sebaiknya dihindari untuk mencegah lonjakan gula darah.

Ahli Terapi polarisasi Johan Steve mengingatkan bahwa meskipun Anda harus tetap ceria selama Idul Fitri, penderita diabetes harus menghindari hal-hal ini:

Bacaan Lainnya
banner 400x400

1. Makanan Manis dan Berlemak Tinggi
Hindari makanan yang mengandung gula tinggi dan lemak jenuh, seperti kue kering, camilan manis, makanan berminyak, dan makanan olahan.Pilih makanan yang lebih sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan protein rendah lemak seperti daging tanpa lemak, ikan, dan ayam tanpa kulit.
2. Minuman BeralkoholMinuman beralkohol harus dihindari karena dapat mempengaruhi kadar gula darah dan memicu hipoglikemia atau hiperglikemia.Alternatifnya, pilihlah minuman yang rendah gula atau bahkan tanpa gula, seperti air mineral, jus buah tanpa gula tambahan, atau teh tanpa gula.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seperti burger, pizza, atau ayam goreng, umumnya mengandung lemak jenuh dan tinggi kalori.

Lebih baik menghindarinya dan memilih makanan yang lebih sehat dan rendah kalori seperti salad, sayuran rebus, atau buah-buahan.

4. Terlalu Banyak Makan

Hindari makan terlalu banyak dan pilihlah ukuran porsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Perbanyak makanan yang mengandung serat dan protein agar lebih cepat kenyang, serta perlahan-lahan saat makan untuk membantu menghindari konsumsi makanan yang terlalu banyak.

5. Kurang Beraktivitas

Selama Lebaran, kegiatan biasanya cenderung santai dan banyak bersantai dengan bersantai-santai dan mengonsumsi makanan.

Jangan lupa untuk tetap melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki atau berolahraga ringan setiap harinya untuk membantu menjaga kadar gula darah stabil.

6. Stres Terlalu Banyak

Stres dapat mempengaruhi kadar gula darah, sehingga terhindar dari stres yang berlebihan.

Coba bersantai dan nikmati momen bersama keluarga atau teman dekat, dan jangan terlalu memikirkan hal-hal yang bisa memicu stres.

Dengan menghindari hal-hal yang disebutkan di atas, penderita diabetes dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil dan menghindari komplikasi yang lebih serius.

“Intinya kita harus menyadari kondisi diri kita,” ujar pelatih senam yoga itu. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *