Nasdem Ungkap Golkar Buka Opsi Pasangkan Anies Baswedan dengan Airlangga

Hajinews.id — Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu Partai Nasdem Effendi Choirie mengungkapkan Partai Golkar tengah membuka opsi untuk memasangkan Anies Baswedan dengan Airlangga Hartarto untuk menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ia menyebutkan wacana itu pernah disampaikan pada Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Ada, adalah (wacana Golkar jajaki Anies-Airlangga),” ujar Effendi pada Kompas.com, Selasa (2/5/2023).

Namun ia tak mengungkapkan kapan pembicaraan itu berlangsung. Bagi Nasdem, lanjut Effendi, Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) terus membuka berbagai opsi untuk memilih calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies.

“Nasdem terbuka, Koalisi Perubahan ini terbuka karena kita memang kepentingannya untuk Indonesia bukan untuk partai tertentu atau kelompok tertentu,” papar dia.

Effendi pun mengungkapkan ada berbagai figur yang tengah diperhitungkan untuk menjadi pendamping Anies.

Di internal KPP, figur tersebut adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang merupakan Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kemudian tokoh Nahdlatul Ulama (NU) seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

“Siapapun yang bergabung, siapapun yang berminat ya kita diskusikan. Ya wacana-wacana wapres (untuk Anies) dengan siapapun ya kita bicarakan, termasuk dengan Airlangga,” imbuh dia.

Diketahui Airlangga sempat menemui AHY dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (29/4/2023).

Sebelumnya, Airlangga juga sempat berbincang selama 1 jam dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta, 25 Maret 2023.

Saat ini Partai Golkar telah membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Amanat Nasional dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Namun PPP telah menyatakan turut mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres dan membuka kerja sama dengan PDI-P.

Sementara, PAN ingin mendorong agar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bisa berkontestasi dalam Pilpres 2024, minimal sebagai cawapres.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *