Bagaimana Cara Cek Keberangkatan Haji? Lihat Caranya Di Sini

Cara Cek Keberangkatan Haji
Mekah

Hajinews.id – Antrean jemaah haji Indonesia sangat panjang karena banyaknya pendaftar. Oleh karena itu, Kementerian Agama (Kemenag) menawarkan layanan daring atau online yang mengecek kemungkinan keberangkatan calon jemaah haji.

Tahun 2023, Indonesia akan menerima kuota sebanyak 221.000 jemaah. Angka itu meliputi 203.320 jemaah reguler dan 17.680 jemaah haji khusus. Pada 7 Mei 2023, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan Indonesia mendapat tambahan kuota sebanyak 8.000 jemaah.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Tambahan kuota mulai hari ini terkonfirmasi sudah masuk dalam e-Hajj, jumlahnya 8.000 jemaah. Kita sedang menunggu surat resmi dari Arab Saudi. Kita juga akan segera membahasnya dengan DPR,” terang Yaqut dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/5/2023).

Calon jemaah haji dapat memantau antrean haji atau Keberangkatan Haji secara online selama calon jemaah sudah memegang nomor porsinya masing-masing. Layanan tersebut dapat dilakukan melalui laman resmi dari Kemenag ataupun aplikasi Pusaka.

Cek Estimasi Keberangkatan Haji 2023 Via Laman Kemenag

  1. Buka laman https://haji.kemenag.go.id/v4/
  2. Scroll ke bawah hingga sampai pada halaman ‘Perkiraan Berangkat’
  3. Masukkan nomor porsi
  4. Klik ‘Cari’

Cek Estimasi Keberangkatan Haji 2023 Via Aplikasi Pusaka

  1. Unduh aplikasi Pusaka di Google Play atau App Store
  2. Buka aplikasi Pusaka
  3. Pilih menu “Islam”
  4. Lihat menu “Layanan Haji & Umrah” lalu pilih menu “Estimasi Keberangkatan”
  5. Masukan Nomor Porsi pada kolom yang tersedia, lalu tekan “Cari Nomor Porsi”

Nomor porsi dapat dilihat dalam berkas pendaftaran yang diterbitkan oleh Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kab/Kota pada saat jemaah mendaftar.

Nomor porsi berupa rangkaian 10 angka. Sehingga, saat melakukan pengecekan, jemaah harus memastikan angka yang dimasukkan memang nomor porsi bukan lainnya.

  1. Pada tahap akhir pengecekan, akan muncul data ‘Estimasi Keberangkatan’ yang mencakup informasi nomor porsi, nama, kabupaten/kota, provinsi, posisi porsi pada kuota, provinsi/kabupaten/kota/khusus, kuota provinsi/kabupaten/kota/khusus, perkiraan berangkat tahun Masehi, dan perkiraan berangkat tahun Hijriah.

Pusaka adalah aplikasi yang resmi diluncurkan Menag Yaqut Cholil Qoumas pada 20 November 2022 yang tampil dalam bentuk logo berupa gunungan berwarna campuran ungu dan biru langit yang dibubuhi latar belakang warna putih dan tulisan ‘Pusaka’. Informasi yang akan ditampilkan melalui fitur cek nomor porsi dalam aplikasi tersebut juga mencakup posisi porsi pada kuota provinsi, kabupaten, kota, atau khusus. Porsi yang dimaksud adalah nomor porsi yang didapat saat pendaftaran.

Sebagai informasi, berdasarkan Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1444 H/2023 M, kloter pertama jemaah haji 2023 akan mulai masuk ke asrama haji pada 23 Mei 2023. Setelahnya, jemaah haji gelombang I tersebut akan diberangkatkan ke Madinah pada keesokan harinya, tepatnya 24 Mei 2023.

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, persiapan untuk kontrak penerbangan, penyediaan akomodasi, konsumsi, dan transportasi ke Makkah-Madinah sudah mencapai 100 persen.

Sumber: detik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *