Masyaa Allah, Salat Id Bersejarah di Losari, Capai 15 Ribu Jemaah, Irwan Akib Jadi Saksi, Banser NU Turut Berjaga

banner 400x400

Hajinews.id — Warga Muhammadiyah Kota Makassar mencetak sejarah baru. Untuk pertama kalinya, pelaksanaan Salat Iduladha digelar di Anjungan City of Makassar, Pantai Losari, pada Rabu, 28 Juni 2023.

Luar biasanya, berdasarkan laporan ketua panitia, Muhammad Imaduddin, jemaah yang hadir dalam pelaksanaan Salat Iduladha tersebut diprediksi mencapai sekira 15 ribu jemaah.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Kami sebelumnya hanya memprediksi akan ada 5 ribu orang yang hadir, karena waktu sosialisasi yang singkat, tapi, alhamdulillah antusiasme masyarakat untuk salat Id di Anjungan Losari sungguh luar biasa,” kata dia dengan mata berbinar.

Wakil Ketua Pimpinan Daerah (PD) Pemuda Muhammadiyah (PM) Kota Makassar itu melaporkan, jemaah yang memadati kawasan Pantai Losari itu berasal dari warga dan simpatisan Muhammadiyah serta masyarakat umum.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Irwan Akib menjadi saksi sejarah baru itu. Irwan Akib bertindak sebagai khatib dalam pelaksanaan Salat Iduladha perdana di ruang publik itu.

Dalam khutbahnya, Irwan mengajak seluruh umat Islam agar meneladani Nabi Ibrahim AS, terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Iduladha tahun ini merupakan momentum terbaik untuk kembali menghadirkan uswah Nabi Ibrahim AS tentang ketauhidan, keikhlasan, dan pengorbanan. Demi menghadirkan kehidupan sosial, berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” kata dia.

Irwan mengajak umat lebih banyak melatih diri untuk lebih taat. “Kita harus senantiasa sami’na wa atho’na seperti keluarga Nabi Ibrahim As,” tegas dia.

Baik ibadah haji maupun kurban adalah bentuk ketaatan kepada Allah SWT. “Ketaatan Nabi Ibrahim As. bersama keluarganya mengajarkan kita tentang keihklasan dan sikap sami’na wa athona,” ujar Guru Besar Matematika itu.

Atas pelaksanaan Salat Iduladha bersejarah itu, Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Makassar, Azis Ilyas menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kota Makassar.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto yang telah memfasilitasi dan mendukung Muhammadiyah untuk melaksanakan salat Iduladha di Anjungan Pantai Losari,” kata dia.

Fasilitasi tersebut, kata dia, merupakan kebahagiaan dan kebanggaan warga Muhammadiyah. Terlebih, diketahui, Anjungan Pantai Losari itu merupakan ikon Kota Makassar.

Hal yang juga membuat pelaksanaan salat itu bersejarah adalah Banser Nahdatul Ulama dan Brigade BKPRMI Kota Makassar juga terlibat. Dengan pakaian loreng khasnya, mereka membantu menjaga ketertiban. Salah satu wujudnya dengan membantu proses parkir kendaraan jemaah.

Sejumlah tokoh publik juga tampak hadir dalam pelaksanaan salat Iduladha bersejarah itu. Mereka di antaranya, Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo, Ketua DPW Perindo Sulsel Sanusi Ramadhan, dan Ketua PERADI Kota Makassar Jamil Misbach.

Tampak juga sejumlah akademisi, di antaranya Rektor Universitas Parahikma Nurhayati Azis dan Dekan FKIP Unismuh Makassar Erwin Akib.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *