Penyakit Rematik

Penyakit rematik
Penyakit rematik

Hajinews.id – Orang lanjut usia sering menderita rematik. Kondisi ini disebabkan oleh sistem imun tubuh yang menyerang persendian. Jika penyakit ini tidak segera diobati, dapat menyebabkan beberapa komplikasi.

Apa itu penyakit rematik?

Rheumatoid arthritis, atau biasa dikenal dengan rematik, adalah penyakit autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang sendi, tulang, otot, dan organ lain di dalam tubuh. Penyakit rematik dapat merusak organ vital seperti paru-paru, sistem saraf, kulit, mata dan jantung. Rematik mempengaruhi membran sinovial dan menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan, erosi tulang dan kelainan bentuk sendi.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Kondisi ini merupakan jenis radang sendi dan radang tulang belakang dengan efek kronis, progresif dan menyakitkan. Kondisi ini dapat memburuk seiring berjalannya waktu. Kondisi ini harus segera ditangani, jika tidak maka dapat mengakibatkan penderitanya tidak bisa berenang atau berpakaian. Juga, berjalan menyakitkan dan sulit dan Anda bahkan tidak bisa melakukannya.

Berikut jenis-jenis rematik:

  1. Gout

Jenis arthritis dimana kristal asam urat yang menyerupai jarum mengendap ke bagian persendian. Biasanya sering terjadi pada jempol kaki

  1. Rheumatoid arthritis

Bentuk kelainan autoimun adalah sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang sinovium yang merupakan jaringan lunak pelapis sendi sehingga mengakibatkan peradangan.

  1. Arthritis psoriatic

Jenis arthritis yang mempengaruhi jari tangan dan kaki serta berhubungan dengan penyakit kulit seperti psoriasis.

  1. Artritis idiopatik

Rematik yang umumnya terjadi pada anak-anak dan menimbulkan demam serta ruam.

  1. Fibromialgia

Salah satu kondisi kronis ditandai dengan titik nyeri dan nyeri lokal pada seluruh sistem muskuloskeletal.

  1. Osteoartritis

Biasanya jenis ini paling sering terjadi dan umumnya menyerang serta menghancurkan tulang rawan. Tak hanya itu, jenis ini juga menyerang jaringan lunak yang melindungi ujung tulang pada persendian. Kondisi ini terjadi pada orang yang dewasa atau lebih tua.

  1. Lupus eritematosus sistemik

Suatu kelainan autoimun yang membuat peradangan pada bagian tubuh seperti persendian, kulit, darah, ginjal, paru-paru, otak, dan jantung.

  1. Polimiositis

Gangguan pada otot dan bisa mempengaruhi seluruh tubuh.

Gejala Rematik

Setiap orang yang mengalami rematik menunjukkan gejala yang berbeda-beda. Berikut adalah gejala yang paling umum ditemui pada penyakit rematik yaitu:

  • Nyeri sendi
  • Pembengkakan pada sendi
  • Sendi menjadi kaku
  • Kelelahan
  • Demam
  • Hangat dan kemerahan di area sendu
  • Kehilangan nafsu makan

Penurunan berat badan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *