3 Waktu Terbaik Membaca Ayat Kursi untuk Mendapat Berkah dari Allah SWT

Waktu Terbaik Membaca Ayat Kursi
Waktu Terbaik Membaca Ayat Kursi

Hajinews.id – Waktu terbaik membaca Ayat Kursi adalah setelah salat fardhu. Karena membacanya mendatangkan keberkahan dan ketenangan jiwa.

Dalam hal ini umat Islam membacakan ayat kursi sebagai wujud doa, mengingat Allah SWT dan menjaga diri dari gangguan setan. Imam An Nawawi menjelaskan, waktu yang paling baik untuk membaca ayat kursi adalah sebelum tidur dan setelah salat fardhu setiap malam.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Menurut berbagai sumber, ada beberapa waktu terbaik membaca ayat kursi terlebih dahulu agar bisa mendapatkan fadhilah dari Allah SWT:

1. Setelah Sholat Fardhu

Salah satu waktu yang dianjurkan membaca ayat kursi adalah setelah menyelesaikan sholat fardhu. Keadaan hari yang tenang setelah sholat menjadi momen ideal untuk merenungkan makna dari ayat kursi.

Membaca ayat kursi selepas sholat menjadi salah satu cara menuju surga. Sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW:

“Bagi orang yang membaca Ayat Kursi setelah setiap salat, hanya kematian yang menghalangi masuk ke Surga” (an-Nasa’i dalam “Amalul-Yaumi wa al-Laili” 100, dan Ibn as-Sunni dalam “‘Amalul-Yaumi wa al-Laili” 124).

2. Sebelum Tidur

Setiap malam sebelum tidur juga merupakan waktu yang tepat untuk membaca ayat kursi. Diikuti dengan membaca Al Mu’awwidzatain (Surat Al-Falaq dan An-Nas) sebanyak tiga kali. Bacaan ini untuk melindungi manusia dari syaitan sampai keesokan hari.

Sebagaimana hadits Bukhari:

“Apabila engkau beranjak ke tempat tidurmu, bacalah ayat kursi ‘Allahu laa ilaaha huwal hayyul qayyum’ sampai selesai. Karena sesungguhnya kamu akan berada di bawah perlindungan Allah dan setan tidak bisa mendekatimu sampai besok pagi.” (HR. Al-Bukhari).

3. Pada Pagi dan Petang

Membaca ayat kursi pada pag hari memberikan energi positif untuk memulai hari. Sementara, pada petang ayat kursi melindungi umat manusia sampai keesokan harinya.

Dijelaskan dalam sebuah hadits:

“ Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, makai a akan dilindungi hingga petang.” (HR. Al-Hakim).

Demikian informasi mengenai waktu terbaik membaca ayat kursi untuk meraih fadhilah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Wallahu a’lam bisshawab.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *