Salat Tahajud 2 Rakaat Baca Surat Apa? Ini Surat Pendek yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Salat Tahajud 2 Rakaat Baca Surat pendek
Salat Tahajud 2 Rakaat Baca Surat pendek
Hajinews.id – Salat Tahajud merupakan salat sunnah dan sangat dianjurkan untuk menambah amal ibadah umat Islam. Salat ini dilakukan minimal dua rakaat disertai satu salam. Jadi salat tengah malam 2 rakaat, surat mana yang harus kamu baca? Lihat di bawah untuk tata cara Salat tahajud selengkapnya.

Salat Tahajud dapat dilakukan setelah salat Isya hingga subuh. Menurut Sunnah Rasulullah, sebelum menunaikan Salat tahajud, umat Islam harus tertidur dan kemudian bangun untuk menunaikan Salat tersebut. Dikatakan bahwa ada banyak keutamaan dan keistimewaan yang terkait dengan Salat tahajud .

Salat tahajud sendiri pelaksanaannya sama seperti Salat sunnah pada umumnya, hanya saja niat dan waktu pelaksanaannya berbeda. Salat tahajud diawali dengan pembacaan niat, iftitah, pembacaan Al-Fatihah dan surat pendek.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Diketahui, setelah membaca Al- Fatihah, bacaan surat pendek dalam Salat tahajud juga tidak berbedanya dengan Salat lain. Akan tetapi, terdapat bacaan surat pendek dalam sholat tahajud yang biasanya diamalkan oleh Rasulullah SAW.Adapun kriteria utama surat pendek yang dibaca oleh Nabi Muhammad SAW adalah surat-surat ringan. Ukuran surat yang ringan tersebut begitu subjektif bagi setiap orang. Membaca surat pendek ringan ini dijelaskan dalam firman Allah SWT. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam surat Al Muzammil ayat 20 yang artinya sebagai berikut.”Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwa engkau (Muhammad) berdiri (Salat ) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersamamu. Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menentukan batas-batas waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur’an; Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit, dan yang lain berjalan di bumi mencari sebagian karunia Allah; dan yang lain berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur’an dan laksanakanlah Salat , tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” 

Salat Tahajud 2 Rakaat Membaca Surat Apa? 

Berikut ini adalah beberapa surat pendek yang dianjurkan untuk dibaca saat Salat tahajud sebanyak 2 rakaat:

1. Rakaat Pertama Surat An Naas

Bacaan Arab:

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ – ١

مَلِكِ النَّاسِۙ – ٢

اِلٰهِ النَّاسِۙ – ٣

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ – ٤

الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ – ٥

مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ – ٦

Bacaan Latin:

• qul a’uzu birabbin-naas 

• malikin-naas 

• ilaahin-naas 

• min syarril-waswaasil-khannaas 

• allazii yuwaswisu fii suduurin-naas 

• minal-jinnati wan-naas 

Artinya:

• Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,

• Raja manusia,

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *