Kisah Nabi dan Para Sahabat Yang Melewatkan Salat Subuh

Kisah Nabi dan Para Sahabat Yang Melewatkan Salat Subuh
kesiangan salat subuh
banner 400x400
Hajinews.id – Nabi Muhammad SAW dan para sahabat pernah mengalami kesiangan saat salat subuh. Peristiwa ini penuh hikmah dan pelajaran bagi umat Islam sepeninggal Nabi Muhammad SAW.

Salat Fardhu merupakan suatu kewajiban bagi seluruh umat islam sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah SWT sebagaimana yang difirmankan dalam beberapa ayat Al-Quran, salah satunya terdapat pada surat an-Nisa 103,

فَاِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلٰوةَ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِكُمْ ۚ فَاِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ ۚ اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا ١٠٣

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Artinya: “Apabila kamu telah menyelesaikan salat, berzikirlah kepada Allah (mengingat dan menyebut-Nya), baik ketika kamu berdiri, duduk, maupun berbaring. Apabila kamu telah merasa aman, laksanakanlah salat itu (dengan sempurna). Sesungguhnya salat itu merupakan kewajiban yang waktunya telah ditentukan atas orang-orang mukmin.”

Ketika ketika mengawali hari, salat subuh adalah yang pertama dilaksanakan. Dikutip dari buku Shalat Subuh dan Shalat Dhuha oleh Muhammad Khalid, bahwa salat subuh merupakan pembuka hari dan pintu rahmat.

Dalam perjalanan Islam, terdapat kisah yang menarik tentang Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya yang pernah kesiangan dalam menunaikan salat subuh.

Meskipun merupakan momen keterlambatan, kisah ini memberikan pelajaran berharga tentang ketekunan, taqwa, dan komitmen terhadap ibadah.

Kisah Nabi dan Para Sahabatnya Kesiangan Salat Subuh

Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya adalah insan beriman yang tak luput dari kesalahan.

Dikutip dari buku Jangan Bersedih Aku Bersamamu Sayang karya Achmad Farid, menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya pernah mengalami bangun kesiangan ketika hendak melaksanakan salat subuh.

Pada saat itu, dikisahkan Nabi SAW dan para sahabat memutuskan beristirahat hingga menjelang pagi di suatu tempat ketika mereka sedang melakukan perjalanan di malam hari.

Saat itu Nabi SAW berkata,

“Aku khawatir kalau kalian tidak bangun saat pagi sehingga melewatkan waktu subuh.”

Lalu seorang sahabat, Bilal RA berkata,

“Aku yang akan membangunkan kalian.”

Kendati demikian, Bilal pun ternyata ikut tertidur pulas bersama Nabi SAW dan sahabat yang lain.

Ketika Nabi Muhammad SAW terbangun, beliau kaget karena Bilal masih tertidur padahal matahari telah merangkak naik. Kemudian Nabi membangunkannya.

Bilal pun mengatakan bahwa dia tidak pernah tidur selelap itu.

Kemudian Nabi SAW memberikan nasihat kepada Bilal bahwa Allah SWT dapat mengambil nyawa kita kapan saja, dan dapat mengembalikannya kapan pun sesuai kehendak-Nya.

Lalu, Nabi SAW memerintahkan Bilal untuk adzan dan mendirikan salat Subuh dengan para sahabat meskipun matahari sudah meninggi.

Pelajaran dari Kisah Nabi dan Para Sahabat yang Bangun Kesiangan

Terdapat beberapa hikmah dan pelajaran yang dapat di ambil dari kisah di atas, yaitu:

Ketekunan dalam beribadah

Nabi Muhammad dan para sahabatnya menunjukkan ketekunan luar biasa dalam menjalankan salat, meskipun dalam kondisi yang sulit. Mereka tidak memandang lelah atau keterlambatan sebagai alasan untuk menghindari ibadah.

Ketaqwaan dan kesadaran

Meskipun kesiangan, mereka tetap mengutamakan ketaqwaan dan kesadaran akan Allah. Mereka menyadari bahwa kewajiban ibadah tidak dapat ditunda, bahkan dalam situasi yang tidak ideal.

Inspirasi bagi umat

Kisah ini menjadi inspirasi sekaligus pembelajaran bagi umat Islam untuk mengatasi keterlambatan atau kesulitan dalam ibadah. Salat merupakan hal yang penting dan tidak boleh ditinggalkan. Ketika bangun kesiangan saat salat Subuh maka hendaklah bergegas wudhu dan mendirikan salat.

Seperti Nabi dan para sahabatnya, kita juga dapat menghadapi tantangan dengan semangat dan tekad dalam menjalankan ibadah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *