Hikmah Siang: Keluarga Itu Amanah, Jangan Disia-siakan

Print

Keluarga itu amanah. Jangan disia-siakan. Sebagaimana Allah berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At Tahrim: 6)

Keluarga itu amanah dari Allah, maka suami istri dan ayah serta ibu akan dimintai pertanggungjawabannya di hari kiamat. Oleh karena itu, harus dijaga untuk selalu bahagia dan selamat di dunia dan di akhirat.

Amanah Suami dan Istri dalam Keluarga

Allah telah menciptakan suami sebagai imam dan pencari nafkah. Tujuannya untuk bisa membimbing keluarga dan memberikan kecukupan nafkah agar bisa sejahtera lahir dan batin.

Sedangkan istri diciptakan untuk menjadi sumber kebahagiaan suami dan pendidik bagi anak-anak agar menjadi generasi yang shaleh, berkepribadian mulia, berilmu dan berkarya agar bisa sejahtera lahir batin serta bahagia di dunia dan di akhirat.

Namun, anak juga amanah bagi kedua orangtuanya. Sehingga ayah dan ibu memiliki tanggung jawab yang sama terhadap semua bentuk pendidikan yang dibutuhkan oleh anak yaitu pendidikan aqidah, ibadah, akhlak, kejiwaan, keilmuan, fisik, interaksi sosial dan pendidikan seks yang harus diberikan dengan cara yang benar.

Maka ayah dan ibu harus bekerja sama dalam memberikan semua bentuk pendidikan tersebut kepada anak. Walaupun porsi terbesarnya ada pada ibu, sebab ibu diamanahkan sebagai madrasah dan pendidik utama agar bisa mengantarkan anak ke surga.

Rasulullah bersabda, “Berbaktilah kepadanya (ibu) karena surga itu di bawah kakinya.” (Shahih Albani)

Suami dan istri harus bisa menunaikan amanah kepada pasangan dan anak-anaknya. Sehingga menjaga keluarga dengan agama, ikhlas, cinta, kasih sayang, kelembutan, tanggung jawab dan komitmen dalam melaksanakan tugas masing-masing serta tidak berkhianat, tidak mengabaikan dan tidak menyia-nyiakan mereka.

Ustazah Dr. Aan Rohanah Lc., M.Ag حفظها الله || IG: @aanrohanah_16

🌐 Sumber: https://chanelmuslim.com/ustazah/keluarga-itu-amanah-jangan-disia-siakan

​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *