Ini 7 Rahasia Panjang Umur dan Berkah Menurut Islam, Pasti Bisa!

Rahasia Panjang Umur
doa anak saleh
Hajinews.id – Tidak ada yang tahu berapa lama kita akan hidup di bumi karena usia sepenuhnya ditentukan oleh Allah Yang Maha Kuasa. Namun, banyak orang yang ingin berumur panjang. Padahal, nilai hidup manusia bukan terletak pada panjang atau pendeknya umur, namun pada kualitas amal shaleh dalam hidupnya.

Jika seseorang mampu memanfaatkan waktu dan kesempatan hidupnya untuk beribadah kepada Allah , maka itu membuktikan kualitas hidup manusia di dunia. Dalam ajaran Islam, amalan tertentu dapat memperpanjang umur dan membuatnya lebih berkah. Ini rahasianya.

1. Beriman kepada Allah SWT

Menurut Dr Muhammad Mahmud Abdullah dalam bukunya Asbab Thulil ‘Umr, salah satu rahasia panjang umur adalah dengan beriman kepada Allah SWT. Orang yang beriman akan menghadapi hidupnya dengan penuh optimisme. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat, bahwa orang-orang yang optimis memiliki peluang lebih besar untuk panjang umur, mungkin bisa sampai 85 tahun atau lebih.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dibandingkan dengan mereka yang pesimis, orang optimistik cenderung memiliki tujuan dan kepercayaan diri untuk mencapainya, lebih efektif dalam menyelesaikan masalah, dan lebih mudah mengendalikan emosi, sehingga terlindungi dari stres yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

2. Berbakti kepada Orang Tua

Amalan yang satu ini memang terkesan sederhana, namun Allah SWT menjanjikan umur yang panjang bagi hambanya yang melaksanakan. Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa berbakti kepada orang tua, dia akan mendapat keberuntungan dan Allah SWT akan menambah panjang umurnya.” (HR Bukhari, Abu Ya’la, Thabrani, dan Hakim).

Berbakti kepada kedua orang tua dapat mendatangkan kebaikan dan menjauhkan dari musibah. Berbakti bukan hanya soal uang, namun juga bagaimana seorang anak tetap menghormati dan meninggikan derajat orang tuanya, meski kebutuhan mereka telah dipenuhi.

3. Berpikir Positif dan Tersenyum

Pikiran adalah pusat dari segala hal yang terjadi pada manusia. Dalam Islam, berpikir positif dikenal dengan istilah husnuzan, yang artinya berprasangka baik. Berpikir positif akan menghasilkan energi yang positif. Orang yang memiliki pikiran positif kelak hidupnya lebih bahagia dan terhindar dari efek stres yang dapat berimbas pada masalah kesehatan.

Seorang guru besar dalam bidang fiqih asal Donggala, Sulawesi Selatan, KH Ali Yafie, memiliki rahasia umur panjang dan tetap sehat.

“Pertama jangan marah, dan yang kedua senantiasa tersenyum, ” ujar kiai berusia 90 tahun itu, dikutip dari laman NU.

5. Ringankan Tangan untuk Sedekah

Ada begitu banyak keajaiban dan keberkahan dari bersedekah. Balasannya bukan hanya menambahkan rezeki, tapi juga umur yang panjang. Hal ini dijelaskan Rasulullah SAW dalam sebuah hadis,

“Sesungguhnya sedekah seorang Muslim dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang su’ul khotimah, Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran, dan sifat berbangga diri darinya.” (HR Thabrani).

6. Perbanyak Zikir kepada Allah SWT

Zikir adalah praktik mengingat dan memuji Allah SWT secara terus-menerus dalam hati atau dengan suara. Salah satu manfaat berzikir adalah membersihkan hati. Efeknya, seseorang akan menjadi lebih tenang, damai, positif, dan juga mengurangi hormon stres, sehingga lebih sehat secara mental dan fisik.

7. Melakukan Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir

Ada beberapa kebaikan yang jika dijalankan, pahalanya tetap mengalir meski orang itu telah meninggal dunia. Sehingga, seakan usianya memanjang karena keberkahannya. Inilah yang dimaksud dengan umur yang berkualitas. Rasulullah SAW bersabda,

“Jika anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalnya kecuali tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak saleh yang berdoa untuknya.” (HR Muslim).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *