Wawancara Dengan Kakak Gus Baha, Sosok di Balik Pencalonan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar

banner 400x400

Hajinews.id – Pasangan bakal calon Presiden Anies Baswedan dengan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar tidak bisa dilepaskan dari sosok Nasirul Mahasin atau Gus Mahasin. Dialah aktor di balik bersandingnya Anies-Muhaimin.

Nasirul Mahasin adalah kakak kandung Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha). Keduanya adalah dua dari tujuh putra Kyai Nursalim, pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an LP3IA di Rembang, Jawa Tengah.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Berikut pengakuan Gus Mahasin menjelang deklarasi Anies-Muhaimin.

Boleh diceritakan Gus Mahasin sehingga njenengan sampai di momen deklarasi Anies-Muhaimin ini?

Saya adalah Tim Sukses Mas Anies. Saya kemarin-kemarin juga mendampingi Mas Anies ke pondok-pondok pesantren di Jombang. Termasuk mendampingi Mas Anies dan istrinya sowan ke keluarga Gus Muhaimin (Cak Imin).

Sebagai orang yang dekat dengan Anies, bagaimana kisahnya sehingga tiba-tiba Anies menjatuhkan pilihan pasangan cawapres ke Cak Imin?

Lho pasangan ini bukan tiba-tiba. Tidak ujug-ujug, lah. Ada asal-muasalnya. Jauh sebelum ini. Sekitar empat hari sebelum deklarasi, saya mengantarkan Mas Anies sowan ke Pondok Tebu Ireng, Jombang. Terus berlanjut sowan ke Ponpes Rejoso, Peterongan, Jombang, Ponpes Tambak Beras, Jombang, hingga Ponpes Denanyar, Jombang.

Apa yang dilakukan Anies?

Saya yang mengantarkan Mas Anies bersama istri sowan ke keluarga Denanyar. Keluarganya Gus Muhaimin. Mas Anies sowan ke rumah ibunda Gus Muhaimin Iskandar, Nyai Hj Muhassonah Hasbullah di Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar, Jombang. Bersama Gus Salam kami terus dampingi Mas Anies ke rumah ibunda Cak Imin di Jombang.

Lalu apa yang dilakukan Anies di sana?

Ya silaturahmi bersama istrinya dan minta restu. Saya terus dampingi Mas Anies. Kebetulan saya dekat dengan Gus Muhaimin. Ayah saya sama ayah Gus Muhaimin sahabat, satu pondok.

Momen sowan itulah pertanda keduanya memang menjadi pasangan capres?

Kira-kira begitu. Tapi saya yang kenal baik dengan Mas Anies dan Gus Muhaimin terus mensupport keduanya menjadi pasangan capres 2024. Mereka sudah lama kenal dengan saya sehingga wajib saya dukung.

Menurut Gus Mahasin, kehadiran Cak Imin yang Ketua Umum DPP PKB, membawa berkah elektabilitas?

Sebelum ke sana, saya ingin sampaikan bahwa Deklarasi Anies-Gus Muhamin ini deklarasi luar biasa. Saya yakin keduanya membawa berkah. Berkah dunia akhirat. Berkah kebaikan bagi keduanya. Termasuk elektabilitas. Pokoknya berkah semua kebaikan. Keduanya pasangan tepat. Saya doakan semoga Anies-Cak Imin menang Pilpres 2024.

Sebagai orang dekat Anies, keberterimaan Anies di Jatim seperti apa?

Sosok Mas Anies itu keberterimaan di Jatim dan kalangan pesantren bagus. Semua kalangan menerima kehadiran Mas Anies. Apalagi bersama Gus Muhaimin, makin berlipat supportnya. Saya kasih tahu bahwa ayahnya Mas Anies itu mondok di Pabelan, Magelang yang diasuh KH Hamam Dja’far. Lha Yai Hamam iku pernah mondok di Tebu Ireng. Ya artinya masih sanad KH Hasyim Asy’ari, pendiri NU.

Harapan Gus Mahasin atas Paslon Capres Anies-Cak Imin?
Ini pasangan yang saling mengisi. Saling menguatkan. Harapan saya, Anies-Cak Amin terpilih sebagai presiden dan wapres. Yang penting menang dulu. Selanjutnya wajib sejahterakan warganya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *