Hikmah Siang: Abbas Ibnu Firnas, Ilmuwan Islam Penemu Mesin Pesawat Terbang

banner 400x400

Jika kamu mengetahui penemu pesawat terbang pertama yaitu Wright bersaudara, sebenarnya jauh sebelum ditemukannya konsep pesawat oleh Wright bersaudara ada seorang ilmuwan muslim yang bernama Abbas Ibnu Firnas, ia adalah orang pertama dari abad ke-8, yang berhasil mendemonstrasikan konsep mesin penerbangan.

Ia melakukan eksperimen untuk menemukan konsep pesawat terbang menggunakan berat, karena eksperimen terbang pertama dilakukan oleh dua filsuf China yaitu Mozi dan Lu Ban pada abad ke-5 tetapi dengan benda. Mereka disebut sebagai penemu layang-layang.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dia melompat dari tebing dengan mesin penerbangan sederhana yang terbuat dari kerangka bambu yang dilapisi kain sutra dan bulu burung.

Abbas Ibn Firnas dengan percobaannya berhasil meluncur ke angkasa dan terbang selama kurang lebih 10 menit, kemudian jatuh dan terluka. Ia tidak menyerah dan mencari tau letak kesalahannya dan menyadari bahwa ia tidak menghitung mekanisme pendaratan, sehingga tak bisa menyeimbangkan penerbangannya dan mendarat secara paksa.

Selama 12 tahun selanjutnya di sisa hidupnya, Abbas Ibn Firnas menemukan bahwa pendaratan dilakukan dengan koordinasi ekor dan sayap. Ia pun mempelajari cara burung terbang dan mendarat.

Dunia mungkin mengingat Wright bersaudara sebagai orang pertama yang membuat mesin penerbangan, tetapi Abbas Ibnu Firnas adalah ilmuwan yang kurang dikenal yang pertama kali mendokumentasikan ide tersebut dalam bukunya dan menginspirasi orang lain untuk meneliti subjek aeronautika. Desain mesin terbangnya kemudian menjadi dasar teknik penerbangan pada akhir abad ke-20.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *