Terus Meningkat, Dirjen PHU: 10 Tahun Lagi Jumlah Jemaah Haji Lansia Bisa Capai 70 Persen

Jakarta, Hajinews.id – Jemaah lansia dengan usia 65 tahun ke atas pada operasional haji 1444 H/2023 M jumlahnya sangat banyak, lebih dari 60 ribu jemaah. Karenanya, Kementerian Agama (Kemenag) mengusung tagline Haji Ramah Lansia.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief memperkirakan semangat haji ramah lansia akan terus berlaku, meski tagline penyelenggaraan haji bisa berubah di tahun mendatang. Pasalnya, secara statistik, jumlah jemaah haji lansia masih banyak, bahkan terus bertambah.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Haji ramah lansia akan terus berlaku karena secara statistik jemaah lansia terus meningkat. Pada tahun 2030, 2035, 2045 adalah puncak menuanya generasi baby boomers,” ujar Hilman di acara Evaluasi Kinerja Petugas PPIH Arab Saudi 2023, seperti dikutip dari laman Kemenag, Jumat (1/9/2023).

Kalau tahun ini persentase jemaah lansia sekitar 30%, Hilman memperkirakan dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan, angkanya akan meningkat. Bahkan bisa jadi persentase jemaah lansia akan lebih dominan dengan perbandingan 60% : 40% atau 70% : 30%.

“Kami mendapat banyak pembelajaran dalam proses penyelenggaraan haji 2023. Ini akan menjadi bahan melakukan perbaikan. Ke depan, kita ingin memperkuat lini layanan kepada jemaah haji,” ujarnya.

Sejumlah langkah disiapkan Ditjen PHU Kemenag untuk menghadapi tantangan ini, antara lain dengan memperkuat barisan petugas haji Indonesia, baik secara kualifikasi, fisik, usia, skema penempatan, dan lainnya.

Penyelengaraan ibadah haji 1444 H/2023 M memperlihatkan bahwa kesiapsiagaan petugas sangat penting dalam menghadapi beragam kemungkinan agar dapat memberikan pelayanan, pembinaan, dan perlindungan kepada jemaah secara optimal.

“Kita sedang siapkan simulasi baru untuk penyelenggaraan haji 2024. Kita akan siapkan petugas yang lebih matang secara kualifikasi, mental, knowledge, dan juga keterampilan,” jelas Hilman.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *