Ustadz Abdul Somad: Ini 3 Keistimewaan Yang Rajin Bersholawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Keistimewaan Yang Rajin Bersholawat
Ustadz Abdul Somad

Hajinews.co.id – Keistimewaan berikut ini diperuntukkan bagi umat Islam yang rajin sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Penceramah Ustadz Abdul Somad menjelaskan tentang bacaan sholawat yang benar bagi umat islam.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Bacaan Sholawat dibagi menjadi dua kategori berdasarkan penulisnya, yaitu yang dibuat dan diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan yang disusun oleh para ulama.

Sholawat sholawat termasuk sholawat Jibril, menurut Ustadz Abdul Somad hukumnya membolehkan dan mengingatkan seseorang untuk sholawat dimanapun dan dalam aktivitas apapun tanpa batasan waktu dan lokasi.

Ustadz Abdul Somad menjelaskan dengan membacakan sholawat dengan benar agar dapat memperhatikan makhorijul huruf.

“Membacanya sesuai dengan tajwid, perhatikan tanda baca, qolqolah, dan lainnya, kenapa disertai Sayyidina, karena anjuran dalam mazhab Syafi’i,” terang Ustadz Abdul Somad dilansir dari kanal youtube HijraH45.

Ganjaran pahala bersholawat kepada Nabi SAW diriwayatkan dalam hadits shahih berikut:

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً صلَّى اللَّهُ عليهِ عشرَ صلَواتٍ ، وحُطَّت عنهُ عشرُ خطيئاتٍ ، ورُفِعَت لَهُ عشرُ درجاتٍ

“Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad).

“Bagi yang rajin bersholawat manfaatnya luar biasa, berdasarkan makna hadits tersebut 1. Allah akan memberikan kebaikan berlipat, 2. menghapus dosa, 3. meninggikan derajat,” jelas Ustadz Abdul Somad.

Ustadz Abdul Somad pun menguraikan perintah Allah SWT mengenai sholawat Nabi SAW termaktub dalam firman-Nya dalam Surat Al Ahzab ayat 56.

Berikut adalah Surat Al Ahzab ayat 56:

اِنَّ اللّ هَ وَمَل ۤى ِكَتَه يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ ي اَيُّهَا الَّذِيْنَ ا مَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

innallāha wa malā`ikatah yu all na ‘alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āman all ‘alaihi wa sallim taslīmā

Artinya: Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Ia menjelaskan perbedaan makna sholawat Allah, malaikat, dan orang beriman. Sholawat Allah artinya Allah meridhoi Nabi Muhammad SAW, malaikat bersholawat maknanya malaikat memohonkan rahmat kepada Allah supaya Allah mencurahkan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW, dan makna orang beriman bershalawat adalah meminta ridho dan rahmat Allah senantiasa diberikan kepada Nabi Muhammad SAW.

“Ada orang berdzikir belum tentu diterima Allah SWT belum tentu diterima kenapa? Karena dzikir adalah amalan dia. Mengapa sholawat pasti diterima, karena sholawat permohonan kepada Nabi Muhammad dan pasti dibalas,” tutur Ustadz Abdul Somad.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *