Hikmah Malam: Rezeki Sudah Ditakar, Tidak Akan Tertukar

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى sudah menentukan rezeki semua orang dan tidak akan tertukar dengan siapapun.

Sedemikian rupa Allah sudah mengatur Rezeki seseorang dan Allah menjamin tidak akan tertukar Rejeki tersebut dengan makhluk Allah lainnya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Semua makhluk Allah sudah dipastikan rezeki nya, bahkan tidak akan tertukar rezekinya dengan rezeki orang lain.

Perihal rezeki yang sudah ditakar dan diatur oleh Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى ini terdapat dalam Q.S. Surat Hud ayat 6 yang berbunyi:

“Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)” (Q.S. Hud: 6).

“Jangan pernah berpikir: kok orang ini mengambil rezeki saya, tidak bakal mungkin karena sudah dicatat di lauhul mahfudz bahwa rezeki kita akan sampai kepada kita,”

“Rezeki atau makanan yang dibeli oleh tetangga kalau Allah catat rezeki kita, dia akan potong kue itu, dia akan antar ke rumah kita dan akan sampai ke mulut kita,”

Tidak akan wafat seseorang sampai semua rezekinya disempurnakan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى.

“Kata Nabi ﷺ, tidak akan wafat seseorang sampai semua rezekinya disempurnakan oleh Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى.”

Bahkan seorang Ibnu Qayyim Rahimahullah juga merasa senang akan dua hal yaitu rezeki yang telah ditentukan Allah, dan juga ajal yang sudah ditentukan serta tak dapat berubah bagaimanapun caranya.

“Ibnu Qayyim selalu senang akan dua hal yaitu, pertama rezeki ku telah di tentukan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى tidak akan tertukar, dan yang kedua ajalku sudah ditentukan tidak akan berubah selamanya.” tegasnya.***

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

📲 @IslamAdalahSun​​​​​​​​​​​​​​​

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *