Inilah Orang Yang Paling Menyesal Pada Hari Kiamat

Orang Yang Paling Menyesal Pada Hari Kiamat
banner 400x400

Hajinews.co.id – Di hari kiamat, setiap orang akan mempertanggungjawabkan perbuatannya selama hidup di bumi. Ketika hari itu tiba, seseorang pasti akan sangat menyesal. Siapa dia?

Kiamat merupakan peristiwa yang dinubuatkan dalam Al-Quran. Allah SWT berfirman:

Bacaan Lainnya
banner 400x400

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ ٧

Artinya: “Sesungguhnya kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya dan sesungguhnya Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.” (QS Al Hajj: 7)

Tidak ada yang mengetahui kapan datangnya kiamat selain Allah SWT. Namun, menurut firman Allah SWT dalam surah lainnya, hari tersebut pasti akan terjadi.

Disebutkan dalam Tafsir Ibnu Katsir, saat kiamat nanti seluruh umat manusia akan memasuki mauqif hisab (tempat penghisaban) dalam keadaan bermacam-macam. Mereka akan mengetahui dan mendapat balasan atas apa yang mereka perbuat di dunia, baik itu kebaikan maupun keburukan. Ibnu Katsir mengatakan hal ini saat menafsirkan firman Allah SWT dalam surah Az Zalzalah.

يَوْمَىِٕذٍ يَّصْدُرُ النَّاسُ اَشْتَاتًا ەۙ لِّيُرَوْا اَعْمَالَهُمْۗ ٦ فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗۚ ٧ وَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗ ࣖ ٨

Artinya: “Pada hari itu manusia keluar (dari kuburnya) dalam keadaan terpencar untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatan mereka. Siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah, dia akan melihat (balasan)-nya. Siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah, dia akan melihat (balasan)-nya.” (QS Az Zalzalah: 6-8)

Menurut hadits, orang yang menjual akhiratnya dengan dunia orang lain kelak ia akan menjadi orang yang paling menyesal saat hari kiamat. Rasulullah SAW bersabda,

إِنَّ اشَدَّ النَّاسِ نَدامَةٌ يَومَ القيامة رَجُلٌ بَاعَ آخِرَتَهُ بِدُنيا غَيْرِهِ

Artinya: “Sesungguhnya orang yang paling besar penyesalannya pada hari kiamat adalah pribadi yang menjual akhiratnya dengan dunia orang lain.”

Hadits tersebut termuat dalam Kanz al-Ummal, hadits ke-14936 sebagaimana dinukil Muhammad M. Reysyahri dalam Muntakhab Mizanul Hikmah. detikHikmah belum menemukan kualitas hadits tersebut.

Ada juga hadits yang menyebut bahwa orang yang paling menyesal pada hari kiamat adalah orang yang berkesempatan menuntut ilmu namun tidak melakukannya. Hadits ini diriwayatkan dari Anas bin Malik RA yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda,

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *