Sorotan Tajam dari Pengamat Politik, Pemimpin Tak Miliki Etika dan Moral Politik, Pemimpin yang Tidak Tahu Malu Banget

Hajinews.co.id – Sorotan terhadap gaya kepemimpinan penguasa akhir-akhir ini banyak dibincangkan berbagai kalangan. Apalagi di tengah proses pemilihan presiden 2024 sudah mulai memanas.

Salah satu yang jadi sorotan adalah soal etika politik para pemimpin bangsa ini. Ada kesan, pemimpin tidak lagi mengedepankan etika dan proses politik yang baik dan benar untuk mencapai atau mempertahankan kekuasaan.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Bahkan, akademisi bidang pertahanan dan militer, Connie Rahakundini Bakrie menilai langkah beberapa pihak yang terkesan membiarkan para pemimpin tak memiliki fatsun politik.

Menurut dia, fatsun politik yang bermuara dari etika, sebenarnya penting dimiliki pemimpin. Sebab, hal itu selalu ditunjukkan Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno.

Connie mengatakan itu saat hadir dalam diskusi berjudul Mimbar Kebangsaan yang diinisiasi oleh Relawan Gapura Nusantara di Jakarta Utara, Kamis (16/11).

“Kenapa kita sekarang membiarkan pemimpin kita yang tertinggi kehilangan apa yang disebut Bung Karno sebagai fatsun politik. Fatsun politik itu berasal dari etika politik,” kata dia.

Connie mengatakan negara berpotensi dipenuhi masalah ketika pemimpin tidak memiliki etika dan moral dalam berpolitik.

“Jadi, ketika kita punya pemimpin yang sudah kehilangan etika, dalam tanda kutip ialah pemimpin yang tidak tahu malu maka bangsa ini dalam masalah besar,” katanya.

Connie dalam diskusi turut mengungkapkan bahwa dirinya tidak mempermasalahkan kepemimpinan ke depan dipegang anak muda. Hanya saja, kata pengagum Bung Karno itu, anak muda wajib menapak sebagai pemimpin dengan cara benar dan tidak melanggar aturan.

Pasalnya, kata Connie, tujuan mulia tidak bisa tercapai apabila hal itu diawali dengan langkah yang tidak benar.

“Harus dengan cara-cara yang benar. Tidak mungkin tujuan mulia akan dicapai dengan tujuan tidak benar dan siapa yang mengizinkan melakukan itu adalah pemimpin yang tidak tahu malu banget,” tegas Connie.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *