Doa Keluar Rumah Agar Setan Tidak Mengikuti, Penting Bagi Wanita

Doa Keluar Rumah
Doa Keluar Rumah

Hajinews.co.idDoa keluar rumah berikut ini sangat penting untuk dilakukan setiap umat Islam. Keuntungannya adalah Anda tidak akan diikuti oleh setan-setan yang selalu menghantui umat manusia.

Penting bagi wanita untuk menghafal doa keluar rumah ini. Pasalnya, jika seorang wanita keluar rumah maka setan akan mengikutinya. Diketahui bahwa wanita mempunyai aurat yang selalu membutuhkan penjagaan ekstra.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dilansir Rumaysho.com, disebutkan dalam hadits dari ‘Abdullah, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الْمَرْأَةَ عَوْرَةٌ، وَإِنَّهَا إِذَا خَرَجَتْ مِنْ بَيْتِهَا اسْتَشْرَفَهَا الشَّيْطَانُ فَتَقُولُ: مَا رَآنِي أَحَدٌ إِلا أَعْجَبْتُهُ، وَأَقْرَبُ مَا تَكُونُ إِلَى اللَّهِ إِذَا كَانَتْ فِي قَعْرِ بَيْتِهَا

“Sesungguhnya perempuan itu aurat. Jika dia keluar rumah maka setan menyambutnya. Perempuan itu akan berkata, ‘Tidaklah ada seorang pun yang melihatku melainkan kagun.’ Keadaan perempuan yang paling dekat dengan Allah adalah ketika dia berada di dalam rumahnya.”

(HR Ibnu Khuzaimah nomor 1685 dan Tirmidzi: 1173. Syekh Al Albani mengatakan sanad hadits ini shahih)

Diketahui bahwa setan akan terus menggoda umat manusia di berbagai kesempatan. Niat yang baik bisa menjadi bengkok akibat godaan setan.

Di mana pun juga setan akan terus melancarkan aksinya, membujuk, menipu umat manusia untuk melakukan perbuatan yang dilarang, terutama ketika di luar rumah.

Begitu keluar dari rumah, setan sudah mulai menggoda umat manusia. Tapi jangan khawatir ada doa keluar rumah yang bisa diamalkan. Jika membaca doa ini, setan pun bakal malas mendekati dan menjauhi.

Ustadz Sofyan Chalid bin Idham Ruray Lc dalam pesannya di Instgram mengimbau setiap Muslim selalu membaca doa saat keluar rumah. Berikut ini lafadznya:

Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa hawla wa laa quwwata illa billah (Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya).

Dari Anas bin Malik, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ قَالَ « يُقَالُ حِينَئِذٍ هُدِيتَ وَكُفِيتَ وَوُقِيتَ فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِىَ وَكُفِىَ وَوُقِىَ ».

“Jika seseorang keluar rumah, lalu dia mengucapkan ‘Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah‘ (Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya), maka dikatakan ketika itu: ‘Engkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga.’ Setan pun akan menyingkir darinya. Setan yang lain akan mengatakan: ‘Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan’.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi. Syekh Al Albani mengatakan hadits ini shahih)

Asy-Syaikh Profesor Dr Abdur Razzaq Al Badr hafizhahullah berkata:

“Ini adalah dzikir yang penuh berkah serta bermanfaat bagi seorang Muslim, hendaklah ia baca setiap akan keluar rumah untuk keperluan agama atau dunia. Agar ia dijaga dalam perjalanannya, ditolong dalam menyelesaikan urusannya, dibimbing dalam tujuan dan kebutuhannya, karena hamba tidak akan lepas dari kebutuhan terhadap pertolongan Rabbnya walau hanya sekejap mata.” (Fiqhul Ad’iyati wal Adzkar, 3/96)

Itulah penjelasan mengenai doa keluar rumah supaya tidak diikuti setan. Wallahu a’lam bisshawab.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *