Waktu Sarapan dan Makan Malam Terbaik Untuk Menghilangkan Lemak Perut, Kapan?

Waktu Sarapan dan Makan Malam Terbaik
ilustrasi: Sarapan
banner 400x400

Hajinews.co.idAda dua jenis lemak yang disimpan di dalam tubuh, yaitu lemak kulit dan lemak perut atau visceral.

Perbedaan keduanya terletak pada lokasinya. Lemak subkutan terletak di bawah kulit sehingga dapat dikompresi, sedangkan lemak visceral terletak di bagian dalam perut.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Menurut dokter spesialis penyakit dalam yang berbasis di Florida, Naheed Ali, MD, lemak perut merupakan lemak yang berbahaya karena mengelilingi organ-organ penting di lambung, seperti hati, lambung, dan usus.

Hati-hati dengan lemak perut berlebih, karena dapat melepaskan zat beracun yang meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan peradangan.

Menurut Ali, sarapan dan makan malam yang tepat akan membantu menghilangkan lemak perut.

“Memulai hari Anda pada pukul 6 pagi dan mengakhiri aktivitas pada pukul 10 malam sesuai dengan ritme sirkadian alami tubuh,” ujar Ali dikutip dari New York Post.

“Memasukkan pendekatan ini ke dalam waktu makan, terutama untuk sarapan dan makan malam, dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak perut,” tambahnya.

Ali menjelaskan, lemak perut dapat dihilangkan dengan sarapan dan makan malam pada waktu yang tepat.

Ia menilai, waktu sarapan yang ideal supaya lemak perut hilang adalah satu jam setelah bangun tidur atau sekitar pukul 07.00 agar tubuh dapat memulai metabolisme.

Adapun, metabolisme adalah proses mengubah makanan menjadi energi. Mereka yang memiliki metabolisme yang cepat akan membakar lebih banyak kalori, bahkan saat beristirahat.

Sementara itu, waktu makan malam terbaik agar lemak perut hilang adalah 2-3 jam sebelum tidur atau sekitar pukul 19.00.

Ali menjelaskan, waktu makan malam tersebut memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk mencerna makanan sebelum tingkat metabolisme melambat selama tidur.

Ia menambahkan, mengikuti waktu sarapan dan makan malam terbaik dapat mendukung sensitivitas insulin dan membantu mengatur hormon lapar sepanjang hari, sehingga membantu mengurangi lemak perut.

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas yang mengatur kadar gula darah.

Lemak perut dan gaya hidup yang tidak aktif dapat menyebabkan resistensi insulin, yang dapat menyebabkan pradiabetes dan diabetes tipe 2.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *