Menag Yaqut: Fast Track Haji Sangat Membantu Jemaah Haji

Fast Track Haji
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Hajinews.co.idMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Arab Saudi yang telah meluncurkan layanan fast track jemaah haji Indonesia.

Pernyataan pers tersebut disampaikan Yakut usai meninjau layanan fast track di Bandara Soekarno-Hatta dan melepas penerbangan rombongan penerbangan pertama (Kloter) jamaah haji Indonesia.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Fast track dapat dilakukan terlebih dahulu atau pengecekan dokumen jemaah haji dari bagian imigrasi pemerintah Arab Saudi di Indonesia yang awalnya hanya diselenggarakan di Bandara Sukarno-Hatta Cengkareng.

Mulai tahun ini, Fast Track juga beroperasi di Bandara Juanda, Surabaya dan Bandara Adi Soemarmo, Surakarta.

Layanan fast track dapat menghemat waktu jemaah setibanya di bandara tujuan, baik Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah maupun King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah.

Sebab, proses pengecekan dokumen keimigrasian (pre departure clearance), seperti visa dan paspor, sudah dilakukan sejak di Bandara Soetta, Cengkareng, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Adi Soemarmo Surakarta.

“Ini ikhtiar besama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi dalam memudahkan jemaah. Atas nama pemerintah Indonesia, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Arab Saudi yang telah memberikan fasilitas fast track tambahan, selain di Jakarta, juga ada di Solo dan Surabaya,” sebut Yaqut dalam keterangannya, Minggu (12/5/2024).

“Semoga ini memberikan kemudahan, kebaikan, dan kelancaran bagi seluruh jemaah haji Indonesia,” sambungnya.

Adapun, keberangkatan 393 jemaah kloter pertama embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 01) ini menandai dimulainya fase pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci. Proses pemberangkatan ini akan berlangsung dari 12 Mei hingga 10 Juni 2024.

Yaqut beserta Dubes Saudi, Wakil Ketua Komisi VIII, dan rombongan sempat menyaksikan langsung proses layanan fast track keberangkatan jemaah JKG 01.

“Kita tadi melihat layanan fast track di Bandara. Waktunya tidak lebih dari 2 menit. Sangat cepat sekali. Sangat membantu jemaah. Nanti sampai Saudi, mereka tidak lagi ada proses imigrasi, dan bisa langsung naik bus ke hotel dan beribadah di Tanah Suci,” kata dia.

Sumber: liputan6

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar