Tips Rasulullah SAW Bila Ada Bagian Tubuh Yang Sakit

Tips Rasulullah SAW Bila Ada Bagian Tubuh Yang Sakit
Tips Rasulullah SAW Bila Ada Bagian Tubuh Yang Sakit
banner 400x400

Hajinews.co.idRasulullah SAW menunjukkan cara menyembuhkan bagian tubuh yang sakit. Cara ini disebutkan dalam beberapa hadits Utsman bin Abi Al ‘Ash Al Tsaqofi

Panduan ini tidak hanya menunjukkan kepedulian Rasulullah SAW terhadap kesehatan umatnya, namun juga mengajarkan pentingnya memadukan upaya penyembuhan dengan doa dan keimanan kepada Allah Ta’ala.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Metode penyembuhan yang diajarkan Rasulullah SAW menekankan bahwa penyembuhan tidak hanya melalui upaya medis, tetapi juga melalui pendekatan spiritual.

Doa yang dibacakan mengandung permohonan perlindungan kepada Allah dari segala keburukan yang dirasakan, menunjukkan betapa pentingnya iman dan doa dalam proses penyembuhan.

Dalam kitab Al Jami’ Al Shagir, terdapat riwayat hadits yang diriwayatkan oleh As Suyuthi. Berikut bunyi haditsnya:

– ضَع يمينَكَ عَلى المَكانِ الَّذي تُشتَكي فامسَحْ بِها سبعَ مرَّاتٍ وقُل أعوذُ بعزَّةِ اللَّه وقدرتِهِ مِن شرِّ مَا أَجِدُ في كلِّ مَسحَةٍ

Letakkan tangan di area atau bagian yang sakit, usap sebanyak tujuh kali, kemudian ucapkan:

‘أَعُوذُ باللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِن شَرِّ ما أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Hadits lainnya juga menjelaskan tentang cara tersebut. Hadits ini diriwayatkan dari perawi yang sama yaitu Utsman bin Abi Al ‘Ash Al Tsaqofi, dan dikeluarkan oleh Muslim dalam kitabnya, Shahih Muslim.

Berikut hadits lengkapnya:

أنَّهُ شَكَا إلى رَسولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ وَجَعًا يَجِدُهُ في جَسَدِهِ مُنْذُ أَسْلَمَ، فَقالَ له رَسولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ: ضَعْ يَدَكَ علَى الَّذي تَأَلَّمَ مِن جَسَدِكَ، وَقُلْ: باسْمِ اللهِ، ثَلَاثًا، وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ: أَعُوذُ باللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِن شَرِّ ما أَجِدُ وَأُحَاذِرُ.

Perawi mengadu kepada Rasulullah SAW tentang rasa sakit yang ia rasakan di tubuhnya sejak masuk Islam. Kemudian Rasulullah SAW bersabda kepadanya, “Letakkan tanganmu di bagian tubuh yang sakit, lalu ucapkan Bismillah tiga kali, kemudian ucapkan kalimat berikut ini sebanyak tujuh kali:

أَعُوذُ باللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِن شَرِّ ما أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya: “Aku memohon perlindungan kepada Allah SWT dan kekuasaan-Nya dari derita yang aku rasakan dan cemaskan.”

Sunnah Nabi SAW yang berisi tentang penyembuhan sakit tersebut tampaknya saat ini mulai dilupakan oleh banyak Muslim. Hendaknya sunnah ini kembali dilakukan bagi mereka yang mengalami keadaan serupa. Terlebih haditsnya adalah hadits shahih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar