MA Menyetujui Permohonan Pencabutan Batasan Usia Calon Kepala Daerah

Pencabutan Batasan Usia Calon Kepala Daerah
MA
banner 400x400

Hajinews.co.idMahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana. Hal ini terkait dengan aturan penghapusan batasan usia kepala daerah minimal 30 tahun.

Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Nomor 23 P/HUM/2024 yang diputuskan oleh Ketua MPR Julius bersama Anggota DPR 1 Cerah Bangun dan Anggota DPR 2 Yodi Martono.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Amar putusan kabul permohonan HUM (Hak Uji Materiil),” tulis putusan tersebut yang dikutip dari laman resmi MA, Kamis (30/5/2024).

Sebagai informasi, batas usia minimal Cagub dan Cawagub yang tertuang dalam Pasal 4 Ayat (1) huruf d Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 9 Tahun 2020, MA menyatakan, itu bertentangan dengan Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016.

Dari putusan tersebut, MA telah mengubah yang awalnya Cagub dan Cawagub minimal berusia 30 tahun, yang terhitung sejak penetapan calon menjadi setelah pelantikan.

Atas dasar itu, MA meminta KPU untuk mencabut Pasal 4 Ayat (1) huruf d PKPU Nomor 9 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali kota dan Wakil Wali Kota.

Sumber: sindo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *