Inilah Doa Yang Dipanjatkan Setelah Menerima Daging Kurban di Hari Raya Idul Adha

Doa Yang Dipanjatkan Setelah Menerima Daging Kurban
Idul Adha
banner 400x400

Hajinews.co.idSelamat Idul Adha 2024! Tahun ini, pemerintah menetapkan Idul Adha 10 Zulhijah 1445 H pada 17 Juni 2024.

Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban. Pada hari ini, umat Islam menyisihkan sebagian hartanya untuk menyiapkan kurban.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Umat ​​Islam percaya bahwa orang yang berkurban akan diberi pahala. Sementara itu, mereka yang menerima daging kurban merasakan keberkahan hari raya. Daging kurban hendaknya dibarengi dengan doa dan syukur.

Doa Menerima Daging Kurban

Berikut doa yang dapat Anda bacakan ketika menerima daging kurban seperti dilansir dari detikHikmah. Doa ini diriwayatkan dalam Shahih Muslim dari Abdullah bin Busr RA. Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al Badr juga menukilnya dalam kitab adz-Dzikru wa ad-Dua fi Dhau`il Kitab wa as-Sunnah.

Rasulullah SAW membaca doa ini saat menerima suguhan makanan.

اَللّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ وَاغْفِرْلَهُمْ وَارْحَمْهُمْ

Allaahumma baarik lahum fiima rozaqtahum waaghfirlahum warhamhum

Artinya: “Ya Allah, berilah berkah pada saudara-saudara ini dengan apa yang telah Engkau rezekikan, ampunilah dan kasihanilah mereka.”

Doa ini memohon kepada Allah agar memberikan berkah pada rezeki yang diterima, serta memohonkan ampunan dan kasih sayang bagi orang yang telah memberikan rezeki tersebut

Ada pula riwayat yang menyebut Rasulullah SAW membaca doa berikut, Doa ini memohon kepada Allah agar memberikan makan dan minum kepada orang yang telah memberi makan dan minum kepada kita.

اللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

Allahumma ath’im man ath’amanii wasqi man saqaa-nii

Artinya: ‘Ya Allah, berilah makan orang yang memberiku makan, dan berilah minum orang yang memberiku minum.’” (Shahih Muslim)

Doa ini memohon kepada Allah agar memberikan makan dan minum kepada orang yang telah memberi makan dan minum kepada kita.

Selain itu, ada lagi doa lain, doa ini dijelaskan oleh Ahmad Zacky El-Syafa dalam buku Doa-doa Terbaik Sepanjang Masa. Doa ini dipanjatkan untuk memuji Allah atas rezeki yang diberikan tanpa usaha dan kekuatan kita sendiri, serta memohon keberkahan atas rezeki tersebut.

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي رَزَقَنِي هَذَا مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنْ وَلَا قُوَّةٍ، اللهُمَّ بارك فِيهِ

Alhamdulillaahilladzii razaqanii haadzaa min ghairi hauli minnii walaa quw- watin allaahumma baarik lii fiihi

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Zat yang telah memberikan rezeki ini dengan tanpa mengeluarkan daya dan kekuatan. Ya Allah… berikanlah berkah dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepadaku itu.”

Doa ini memuji Allah yang memberikan rezeki tanpa usaha dan kekuatan dari diri sendiri, serta memohon agar rezeki yang diberikan tersebut diberkahi.

Pada intinya, doa-doa tersebut menunjukkan rasa syukur, memohon berkah, ampunan, dan kasih sayang Allah atas rezeki dan kebaikan yang diterima dari orang lain. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *