Program Makan Bergizi Gratis Dinilai Perlu Terapkan Transformasi Digital

banner 400x400

Hajinews.co.id — Program makan bergizi gratis yang diusung Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo-Gibran perlu menerapkan transformasi digital untuk meningkatkan efisiensi dan optimalisasi dalam pelaksanaannya.

“Jika kita menggunakan digitalisasi pada program makan bergizi gratis, pelaksanaannya akan lebih efisien dan optimal,” ungkap Rektor Universitas Pancasila (UP), Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo IPU ketika berbicara dalam Strategic Policy Forum (SPF) di Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI), Jakarta.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dalam pemaparannya berjudul Digitalisasi Ekosistem Pengelolaan Sumberdaya Alam Berkelanjutan, ia juga menjelaskan pentingnya penerapan teknologi digital dalam mengelola sumber daya alam secara efisien dan berkelanjutan.

“Digitalisasi sumber daya alam berkelanjutan adalah penggunaan teknologi digital untuk mengelola, memantau, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam agar lebih efisien, ramah lingkungan, dan berkelanjutan,” ungkap Prof Marsudi.

Penerapan digitalisasi pada sektor tersebut, menurut Prof Marsudi, harus dilakukan menyeluruh mengingat prediksi World Economic Forum yang menyatakan hingga 2030 permintaan global terhadap sumber daya alam akan meningkat hingga 50%, sedangkan cadangan terus menurun.

“Dalam pertambangan, digitalisasi dapat membuat pengelolaan sumber daya lebih efisien, mengurangi limbah, dan memantau dampak lingkungan secara real-time,” tambahnya.

Prof Marsudi juga menyoroti posisi Indonesia sebagai negara middle income yang sering terjebak dalam middle income trap sehingga sulit bertransformasi menjadi negara maju.

Namun, transformasi digital dapat menjadi salah satu modal utama Indonesia untuk keluar dari jebakan tersebut sekaligus memberikan multiplier effect dalam mendorong Indonesia menjadi negara maju dan mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Kali ini SPF yang diselenggarakan Pusat Riset Center for Strategic Policy Studies (CSPS), Unit Kerja Khusus Center for Strategic and Global Studies (CSGS), SKSG UI, itu mengusung tema Membedah Program Strategis Pemerintah Baru dan Solusi Tantangan Menuju Indonesia Emas 2045.

Forum ini bertujuan memberikan masukan strategis kepada pemerintahan mendatang, termasuk dalam mendukung tercapainya masyarakat adil, makmur, sejahtera, dan berdaya saing tinggi di tengah tantangan global.

Sumber: MediaIndonesia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *