Hikmah Malam : Sabar Bisa Gugurkan Dosa, Ini Penjelasannya

Sabar Bisa Gugurkan Dosa
Sabar Bisa Gugurkan Dosa
banner 400x400

Hajinews.co.idSabar merupakan salah satu ciri seorang muslim, meski sabar bukanlah suatu hal yang mudah.

Kesabaran adalah sifat yang terpuji dan bahkan dianjurkan untuk memilikinya. Karena sabar bisa mendatangkan banyak kebaikan dan hikmah.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Namun, banyak tantangan yang akan menguji kesabaran kita. Hal ini bisa disebabkan oleh kecelakaan, musibah atau perlakuan tidak pantas seseorang terhadap kita, serta keadaan tidak menguntungkan lainnya.

Kesabaran tidak semudah yang dikira. Banyak godaan yang membuat seseorang tidak sabar menghadapi kesulitan atau ketidaknyamanannya.

Kendati demikian, ada banyak manfaat yang dapat dipetik, begitu juga dengan kebaikan lainnya saat kita bisa bersabar dengan segala yang terjadi dalam hidup.

Sabar Menjadi Penggugur Dosa

Megutip dari laman cahayaislam.id, salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari perjalanan kesabaran adalah gugurnya dosa-dosa. Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang mampu bersabar baik untuk sesuatu yang buruk ataupun baik dalam kehidupan.

Dalam hal ini, kesabaran juga tertulis dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 153 sebagaimana Allah memerintahkan kaum muslimin untuk senantiasa bersabar.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Ayat ini menjelaskan bagaimana Allah bahkan memerintahkan kaum muslimin untuk berpegang pada shalat dan juga sabar. Itu artinya kesabaran bermakna dan penting dalam hidup.

Ada banyak manfaat dari bersabar, salah satunya adalah dapat menggugurkan dosa. Lalu, apa alasan hingga sabar dapat menjadi penggugur dosa menurut pandangan dalam ajaran islam?

Hadiahnya adalah Surga

Salah satu alasan kenapa sabar dapat menggugurkan dosa, ini karena bersabar adalah hal yang tidak mudah dan berat untuk dilakukan.

Tidak sedikit juga godaan yang dapat menggoyahkan kesabaran kita. Seperti amarah atau emosi, maka dari itu balasan atas kesabaran kita nantinya sungguh istimewa dan indah yang Allah janjikan.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung”. (QS. Ali Imnran: 200)

Allah SWT menjadikan orang-orang yang bersabar adalah orang yang beruntung, beriman juga taat. Hal ini karena kita tahu bahwa untuk sabar tidaklah mudah.

Allah SWT juga menjanjikan bagi kaum muslimin yang senantiasa bersabar maka ganjarannya adalah surga. Jika Allah SWT saja memberikan surga bagi hamba-Nya yang sabar, tentunya kebesaran-Nya juga untuk menghapus dosa-dosa kita bukan?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *