Kultum 566: Berbagai Ciri Orang Munafik

Berbagai Ciri Orang Munafik
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 400x400

Oleh: Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bacaan Lainnya
banner 400x400

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Pembaca yang dirahmati Allah,

Hajinews.co.id – Suatu hari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya oleh beberapa orang sahabat tentang orang mukmin. Pertanyaan itu tebaca sebagai berikut,

قِيلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

أَيَكُونُ الْمُؤْمِنُ جَبَانًا فَقَالَ نَعَمْ فَقِيلَ

لَهُ أَيَكُونُ الْمُؤْمِنُ بَخِيلًا فَقَالَ نَعَمْ

فَقِيلَ لَهُ أَيَكُونُ الْمُؤْمِنُ كَذَّابًا فَقَالَ لَاَ

Artinya:

Ditanyakan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, “Apakah seorang Mukmin bisa menjadi penakut?” Beliau menjawab, ‘Ya”. Lalu ditanya lagi, “Apakah seorang Mukmin bisa menjadi bakhil (pelit)?” Beliau menjawab, “Ya”. Lalu ditanyakan lagi, “Apakah seorang Mukmin bisa menjadi pembohong?” Beliau menjawab, “TIDAK!” (HR. Malik, dari Sofwan bin Sulaim dalam Al-Muwatha’).

Ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersedih  karena banyaknya orang yang mengatakan beriman, padahal mereka belum beriman, maka Allah Subhanahu wata’ala menurunkan ayat berikut,

يٰۤـاَيُّهَا الرَّسُوۡلُ لَا يَحۡزُنۡكَ الَّذِيۡنَ

يُسَارِعُوۡنَ فِى الۡكُفۡرِ مِنَ الَّذِيۡنَ قَالُوۡۤا

اٰمَنَّا بِاَ فۡوَاهِهِمۡ وَلَمۡ تُؤۡمِنۡ قُلُوۡبُهُمۡ‌ ‌ۛۚ

وَمِنَ الَّذِيۡنَ هَادُوۡا ‌ ۛۚ سَمّٰعُوۡنَ لِلۡكَذِبِ

سَمّٰعُوۡنَ لِقَوۡمٍ اٰخَرِيۡنَۙ لَمۡ يَاۡتُوۡكَ‌ؕ

يُحَرِّفُوۡنَ الۡـكَلِمَ مِنۡۢ بَعۡدِ مَوَاضِعِهٖ‌ۚ

يَقُوۡلُوۡنَ اِنۡ اُوۡتِيۡتُمۡ هٰذَا فَخُذُوۡهُ وَاِنۡ

لَّمۡ تُؤۡتَوۡهُ فَاحۡذَرُوۡا‌ ؕ وَمَنۡ يُّرِدِ اللّٰهُ

فِتۡنَـتَهٗ فَلَنۡ تَمۡلِكَ لَهٗ مِنَ اللّٰهِ شَيۡــًٔـا‌ؕ

اُولٰٓٮِٕكَ الَّذِيۡنَ لَمۡ يُرِدِ اللّٰهُ اَنۡ يُّطَهِّرَ

قُلُوۡبَهُمۡ‌ ؕ لَهُمۡ فِىۡ الدُّنۡيَا خِزۡىٌ ۚۖ

وَّلَهُمۡ فِىۡ الۡاٰخِرَةِ عَذَابٌ عَظِيۡمٌ

Artinya:

Wahai Rasul (Muhammad)! Janganlah engkau disedihkan karena mereka berlomba-lomba dalam kekafirannya. Yaitu orang-orang (munafik) yang mengatakan dengan mulut mereka, “Kami telah beriman”, padahal hati mereka belum beriman; dan juga orang-orang Yahudi yang sangat suka mendengar (berita-berita) bohong dan sangat suka mendengar (perkataan-perkataan) orang lain yang belum pernah datang kepadamu. Mereka mengubah kata-kata (Taurat) dari makna yang sebenarnya. Mereka mengatakan, “Jika ini yang diberikan kepadamu (yang sudah diubah) terimalah, dan jika kamu diberi yang bukan ini, maka hati-hatilah”. Barangsiapa dikehendaki Allah untuk dibiarkan sesat, sedikit pun engkau tidak akan mampu menolak sesuatu pun dari Allah (untuk menolongnya). Mereka itu adalah orang-orang yang sudah tidak dikehendaki Allah untuk menyucikan hati mereka. Di dunia mereka mendapat kehinaan dan di akhirat akan mendapat azab yang besar (QS. Al-Maidah, ayat 41).

Dari ayat 41 surat A-Maidah yang cukup panjang ini bisa dirinci beberapa sifat orang munafik berikut. (1) Mereka berlomba-lomba dalam kekafirannya; (2) Mereka mengatakan dengan mulut mereka, “Kami telah beriman” padahal hati mereka belum beriman; (3) Termasuk orang-orang Yahudi yang sangat suka mendengar (berita-berita) bohong; (4) Mereka sangat suka mendengar (perkataan-perkataan) orang lain yang belum pernah datang kepada Rasulullah; (5) Mereka mengubah kata-kata (dalam kitab Taurat) dari makna yang sebenarnya; (6) Mereka mengatakan, “Jika ini yang diberikan kepadamu (yang sudah diubah) terimalah, dan jika kamu diberi yang bukan ini, maka hati-hatilah”.

Akibatnya mereka itu (7) dikehendaki Allah untuk dibiarkan sesat; dan (8) Tidak akan ada orang yang mampu untuk menolongnya; (9) Mereka itu adalah orang-orang yang sudah tidak dikehendaki Allah untuk menyucikan hatinya; (10) Di dunia mereka mendapat kehinaan, dan (11) Di akhirat akan mendapat azab yang besar.

Menurut sebuah riwayat, ayat ini diturunkan berkenaan dengan suatu kaum dari kalangan orang-orang Yahudi yang telah melakukan sebuah pembunuhan terhadap seseorang (dari mereka). Dan mereka mengata­kan, “Marilah kita meminta keputusan kepada Muhammad”. Mereka bersepakat jika dia (Muhammad) memutuskan pembayaran diyat, maka mereka akan menerima hukum itu. Tetapi jika dia (Muhammad) memutuska untuk hukum qishash, maka mereka akan menolak keputusan itu.

Sifat-sifat ini tergambar sebgaimana firman Allah Subhanahu wata’ala dalam surat al-Maidah ayat selanjutnya,

سَمّٰعُوۡنَ لِلۡكَذِبِ اَ كّٰلُوۡنَ لِلسُّحۡتِ‌ؕ

فَاِنۡ جَآءُوۡكَ فَاحۡكُمۡ بَيۡنَهُمۡ اَوۡ اَعۡرِضۡ

عَنۡهُمۡ‌ ۚ وَاِنۡ تُعۡرِضۡ عَنۡهُمۡ فَلَنۡ يَّضُرُّوۡكَ

شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَاِنۡ حَكَمۡتَ فَاحۡكُمۡ بَيۡنَهُمۡ

بِالۡقِسۡطِ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الۡمُقۡسِطِيۡنَ

Artinya:

Mereka sangat suka mendengar berita bohong, banyak memakan (makanan) yang haram. Jika mereka (orang Yahudi) datang kepadamu (Muhammad untuk meminta putusan), maka berilah putusan di antara mereka atau berpalinglah dari mereka, dan jika engkau berpaling dari mereka maka mereka tidak akan membahayakanmu sedikit pun. Tetapi jika engkau memutuskan (perkara mereka), maka putuskanlah dengan adil. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil (QS. Al-Maidah, ayat 42).

Sifat-sifat di atas hanya beberapa dari berbagai sifat orang munafik, dan hanya dari surat Al-Maidah ayat 41 dan 42 saja. Bersambung insyaAllah, dan Allah lebih tahu.

Semoga yang kita baca ini menjadi pengingat dan penambah iman kita, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                  —ooOoo—

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *