Catat! Ini Tiga Waktu Utama Yang Dianjurkan Untuk Sedekah

Waktu Utama Yang Dianjurkan Untuk Sedekah
banner 400x400

Hajinews.co.idSedekah merupakan salah satu ibadah yang diperintahkan Allah. Sebuah Amalan yang tidak hanya membawa pahala besar bagi yang memberikannya, tapi juga membuat orang lain yang sedang berjuang bisa menikmati bantuan dan uluran tangan kita.

Mengutip buku “100 Kesalahan dalam Sedekah karya Reza Pahlevi Dalimuthe, sedekah merupakan harta yang dikeluarkan seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah. Hal ini sama dengan zakat, yang ada hanyalah zakat yang wajib dan zakat yang sunnah.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dianjurkan bersedekah secara sembunyi-sembunyi. Boleh saja dideklarasikan sepanjang tidak dibarengi dengan ritual dan sejenisnya yang mempengaruhi nilai sedekah.

Waktu terbaik untuk bersedekah tidak terikat pada waktu tertentu, berbeda dengan zakat yang mempunyai waktu tertentu, misalnya saat hari raya. Namun, ada waktu terbaik untuk mendorong seseorang bersedekah.

Di antara ayat Al-Quran yang memerintahkan untuk bersedekah adalah:

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Hadid ayat 7,

ا مِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ، وَأَنفِقُوا مِمَّا جَعَلَكُمْ مُسْتَخْلَفِينَ فِيهِ فَالَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَأَنفَقُوا هُمْ أَجْرٌ كَبِيرٌ

Arab Latin: âminû billâhi wa rasûlihî wa anfiqû mimmâ ja’alakum mustakhlafîna fîh, falladzîna âmanû mingkum wa anfaqû lahum ajrung kabîr

Artinya: “Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang- orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.” (Al-Hadîd [57]: 7)

Waktu yang Dianjurkan untuk Sedekah

  1. Pada Waktu Lapang dan Sempit

Mengutip buku Sedekah Bikin Kaya dan Berkah karya Ubaidurrahim El Hamdy, disebutkan bahwa orang yang memberikan sedekah meskipun dalam keadaan rezeki yang sempit akan memperoleh balasan istimewa dari Allah SWT, selain pahala yang didapatkan oleh semua orang yang bersedekah.

Allah SWT berfirman:

الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ فِى السَّرَّۤاءِ وَالضَّرَّۤاءِ وَالْكٰظِمِيْنَ الْغَيْظَ وَالْعَافِيْنَ عَنِ النَّاسِۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَۚ

Arab Latin: alladzîna yunfiqûna fis-sarrâ’i wadl-dlarrâ’i wal-kâdhimînal-ghaidha wal-‘âfîna ‘anin-nâs, wallâhu yuḫibbul-muḫsinîn

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah SWT menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (QS. Ali Imran:134)

Menurut Tafsir Kemenag RI, ayat ini menjelaskan sifat-sifat orang yang bertakwa, salah satunya yaitu orang yang selalu menafkahkan hartanya baik dalam keadaan berkecukupan maupun dalam keadaan kesempitan (miskin), sesuai dengan kesanggupannya.

Bersedekah boleh saja dengan barang atau uang yang sedikit nilainya, karena itulah apa yang dapat diberikan tetap akan memperoleh pahala dari Allah SWT.

  1. Pada Keadaan Tertentu

Mengutip dari sumber sebelumnya, terdapat keadaan-keadaan tertentu dalam kehidupan manusia yang menjadi waktu utama untuk bersedekah, seperti: (1) saat sehat, (2) ketika merasa kikir, (3) saat takut akan kemiskinan, dan (4) ketika berharap untuk kaya, seperti yang dijelaskan dalam hadits Nabi Muhammad SAW berikut,

“Rasulullah SAW pernah ditanya, ‘Wahai Rasulullah SAW, sedekah apakah yang paling baik?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Engkau bersedekah, sedangkan engkau dalam keadaan sehat, sedang bakhil, sedang berharap kaya, sedang takut miskin. Jangan engkau menunda sedekah, hingga maut telah sampai tenggorokan baru engkau berkata, ‘Untuk si fulan sekian, si fulan sekian, padahal hartamu sudah milik orang lain (yaitu ahli warisnya).” (HR Ahmad)

  1. Pada Pagi Hari atau Subuh

Sayyid Sabiq dalam buku Fiqih Sunnah 2 menjelaskan bahwa malaikat turun pada pagi hari atau Waktu subuh untuk berdoa agar Allah SWT memberikan balasan baik kepada orang-orang yang berinfak, dan membinasakan mereka yang menahan harta. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

“Tiada suatu hari pun di mana umat manusia bangun di waktu pagi hari melainkan dua malaikat turun, lalu salah satu dari mereka berdua mengucapkan (doa); ya Allah, berilah ganti (harta) bagi orang berinfak. Sementara yang lain mengucapkan, ya Allah, berilah kebinasaan bagi orang yang menahan (hartanya).” (HR Muslim)

  1. Pada Hari Jumat dan Bulan Ramadhan

Merangkum buku Cantik dengan Sedekah karya Indriya R. Dani, bersedekah bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Namun, bersedekah pada hari Jumat sangat dianjurkan karena hari ini memiliki keutamaan yang luar biasa.

Setiap hari Jumat para malaikat melaporkan segala amal perbuatan yang telah dikerjakan. Dengan bersedekah pada hari Jumat dapat menghapus maupun meringankan dosa yang telah diperbuat.

Bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan-Nya, yang selalu dinanti seluruh muslim di seluruh dunia. Segala perbuatan baik akan diberikan pahala berlipat ganda, termasuk salah satunya bersedekah.

Harta yang Disedekahkan

Kembali merujuk buku 100 Kesalahan dalam Sedekah, dari segi yang disedekahkan, sedekah yang diberikan tidak terbatas pada harta secara fisik seperti harta uang atau barang

Perkataan yang baik, tenaga, memberi maaf kepada orang lain, memberi pertolongan kepada yang membutuhkan baik materi atau sumbangsih ide atau pikiran, memberi solusi masalah, menunjukkan jalan orang yang tersesat, menyeberangkan orang dari jalan yang penuh dengan kendaraan atau orang yang buta, melainkan mencakup semua kebaikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *