7 Obat Termahal di Dunia, Ada yang Senilai Rp 60 Miliar!

Obat Termahal di Dunia
banner 400x400

Hajinews.co.id – Obat termahal di dunia ini ulasannya menarik. Salah satunya bernilai lebih dari Rp 60 miliar.

Saat dikembangkan, obat sering digunakan sebagai bahan untuk mengobati penyakit atau kelainan tertentu. Ketersediaannya sangat mudah ditemukan baik di toko-toko maupun di apotek dan rumah sakit.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Namun tidak semua obat murah. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati atau menyembuhkan penyakit langka mempunyai konsekuensi yang mahal.

Pada tahun 2023, Reuters melaporkan bahwa rata-rata harga obat di Amerika Serikat meningkat sebesar 35%. Kenaikan harga terjadi ketika industri farmasi mulai memperkenalkan pengobatan untuk penyakit langka.

Lalu obat apa saja yang termahal di dunia? Berikut ulasannya.

Obat Paling Mahal di Dunia

Obat termahal di dunia saat ini dipegang oleh Lenmeldy. Obat tersebut merupakan jenis obat terapi gen untuk penyakit leukodystrofi metakromatik (MLD).

Harganya cukup fantastis, yakni mencapai USD4,25 juta atau sekitar Rp65,6 miliar. Kelangkaan penyakit ini menjadi salah satu faktor di balik harganya yang selangit.

Mengutip MIT Technology Review, Orchard Therapeutics selaku pembuat Lenmeldy, menjelaskan bahwa harga USD4,25 juta mencerminkan nilai obat tersebut yang memang dibuat secara khusus. Orchard bahkan disebutkan mempekerjakan 160 orang untuk mengembangkan Lenmeldy.

Kemudian, ada juga Hemgenix dengan harga USD3,5 juta atau sekitar Rp52,9 miliar. Obat terapi gen ini diluncurkan pada 2022 dan digunakan untuk mengobati kelainan perdarahan hemofilia B.

Lebih jauh, berikut ini tujuh obat paling mahal di dunia yang bisa diketahui sebagaimana dilansir dari laman Quartz. Simak daftarnya:

1. Orchard Therapeutics’s Lenmeldy – Rp64,89 miliar

2. CSL Behring’s Hemgenix – Rp53,48 miliar

3. Sarepta Therapeutics’s Elevidys – Rp48,89 miliar

4. Bluebird bio’s Skysona – Rp45,84 miliar

5. Bluebird bio’s Zynteglo – Rp42,78 miliar

6. Novartis’s Zolgensma – Rp32,09 miliar

7. Amryt Pharmaceuticals’s Myalept – Rp21,39 miliar

Demikian ulasan mengenai deretan obat paling mahal di dunia yangbisadiketahui.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *