Ini Daftar 10 Calon Dewan Pengawas KPK dan 10 Capim KPK yang Diserahkan ke Presiden Jokowi

Hajinews.co.id — Panitia Seleksi (Pansel) telah merampungkan hasil seleksi Calon Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Terdapat 10 nama yang lolos seleksi Pansel dan diserahkan kepada Presiden.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Kami sudah serahkan dan bapak Presiden meminta kami untuk menyampaikan kepada teman-teman media dan sekaligus nanti akan menyampaikan 10 calon pimpinan dan 10 calon dewas KPK melalui website seperti biasa,” ujar Ketua Pansel KPK Muhammad Yusuf Ateh di Gedung Sekretariat Negara, Selasa, (1/10/2024).

Berbeda dengan Capim yang akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPR, 10 Calon Dewas KPK akan dipilih 5 oleh Presiden untuk kemudian dikonsultasikan ke DPR.

“Dikonsultasikan aja ke DPR. Yang milih 5 Pak Presiden,” kata Ateh dihubungi.

Diserahkan 1 Oktober 2024

Panitia Seleksi (Pansel) telah menyerahkan 10 nama Calon Pimpinan KPK (capim) dan calon Dewan Pengawas KPK (cadewas) ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (1/10/2024) siang tadi.

Nantinya Presiden Jokowi akan menyerahkan nama-nama tersebut kepada Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk berikutnya dipilih menjadi pimpinan dan Dewas KPK periode 2024–2029.

Menurut mantan Penyidik KPK Yudi Purnomo Harahap, kerja pansel dalam memilih sosok-sosok capim belum bisa dikatakan sempurna.

Masih ada dari beberapa nama capim KPK yang dikirim pansel ke Presiden Jokowi perlu mendapatkan sorotan, seperti rekam jejaknya.

“Kerja pansel tidak tuntas, masih ada banyak hal yang bisa disoroti dari nama-nama yang lolos mulai dari kinerjanya di masa lalu maupun rekam jejaknya,” kata Yudi dalam keterangannya, Selasa (1/10/2024).

Sayangnya Yudi tidak membeberkan nama capim KPK yang perlu mendapatkan sorotan.

Dia hanya bilang bahwa pansel telah berani memilih 10 capim untuk menjadi nakhoda KPK ke depan. Yudi menyebut pansel telah memiliki pertimbangan matang.

“Tentu ini akan dimintai tanggung jawab jika capim ini juga gagal memberantas korupsi seperti periode pimpinan saat ini. Padahal sebenarnya saya berharap 10 nama yang terpilih sudah klir rekam jejaknya sehingga siapa pun dipilih DPR, tidak perlu was-was,” katanya.

Kini, kata Yudi, bola panas pemilihan capim dan Dewas KPK berada di tangan DPR.

Ia berharap dengan anggota DPR yang baru dilantik ini, bisa memiliki semangat segar dalam upaya pemberantasan korupsi.

“Kini bola ada di tangan DPR siapa lima pimpinan definitif yang akan mereka pilih. Tentu ini adalah keputusan politik,” kata mantan Wadah Pegawai KPK ini.

Yudi memberikan tiga rambu kepada DPR dalam memilih lima capim dan cadewas KPK.

Yakni, pertama, tidak mempunyai rekam jejak bermasalah; kedua, bukan merupakan calon titipan; dan ketiga, komposisi capim harus proporsional, mulai dari latar belakang penegak hukum, akademisi/profesional, lembaga negara, pemerintah, hingga keterwakilan perempuan.

“Terakhir, pimpinan KPK periode 2024–2029 ini diharapkan bisa meraih kepercayaan dari masyarakat dalam memberantas korupsi,” ujar Yudi.

Berikut 10 nama capim KPK yang diserahkan kepada Jokowi: 

1. Agus Joko Pramono
2. Ahmad Alamsyah Saragih
3. Djoko Poerwanto
4. Fitroh Rohcahyanto
5. Ibnu Basuki Widodo
6. Ida Budhiati
7. Johanis Tanak
8. Michael Rolandi Cesnanta Brata
9. Poengky Indarti
10. Setyo Budiyanto

Berikut 10 nama calon anggota Dewas KPK yang diserahkan kepada Jokowi: 

1. Benny Jozua Mamoto
2. Chisca Mirawati
3. Elly Fariani
4. Gusrizal
5. Hamdi Hassyarbaini
6. Heru Kreshna Reza
7. Iskandar Mz
8. Mirwazi
9. Wara Kustriani Sumpeno
10. Wisnu Baroto

Sumber: Tribunnews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *