Hari Ini Ada Gerhana Cincin, Simak Daerahnya di Sini

Ilustrasi gerhana matahari cncin (tribun)

Jakarta, Hajinews.id,- Hari ini diperkirakan ada gerhana matahari cincin. Gerhana ini terjadi saat bulan berada tepat di tengah-tengah matahari dan bumi, tetapi ukuran bulan tampak lebih kecil dibandingkan dengan matahari.

Fenomena gerhana matahari ini hanya terjadi saat fase bulan baru, dan bisa diprediksi kapan terjadinya. Matahari akan tertutup di bagian tengah dan terlihat seperti cincin yang mengelilingi bulan.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Pada gerhana matahari cincin 21 Juni hari ini, di Indonesia bisa diamati sebagai gerhana matahari sebagian.

Menurut BMKG, gerhana matahari cincin dapat diamati di delapan kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.

Daftar delapan kabupaten dan kota di Bengkulu di mana gerhana matahari cincin bisa diamati yaitu: 1. Kota Bengkulu, 2. Kabupaten Lebong, 3. Kabupaten Rejang Lebong, 4. Kabupaten Kepahiang, 5. Kabupaten Mukomuko, 6. Kabupaten Bengkulu Utara, 7. Kabupaten Bengkulu Tengah, 8. Kabupaten Seluma.

Gerhana Matahari Cincin mulai teramati sekitar pukul 14.29 WIB, sedangkan puncak GMC terjadi pada pukul 14.59 WIB dan berakhir pada pukul 15.21 WIB. BMKG menjelaskan, durasi fenomena gerhana matahari cincin yang teramati di Bengkulu ini hanya sekitar 0,55 jam.

Sementara itu menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa nasional (LAPAN) gerhana matahari cincin yang berwujud gerhana matahari sebagian, akan melewati 432 pusat kota dan kabupaten di 31 provinsi.

Karena yang teramati di Indonesia nanti hanyalah gerhana matahari sebagian, bentuk cincin tidak akan terlihat.

Di Indonesia, waktu mulai gerhana paling awal bakal terjadi di Sabang Aceh pukul 13.16 WIB siang, dan waktu kontak akhir gerhana paling akhir adalah di Melonguane, Sulawesi Utara, pukul 17.31 Wita.

Wilayah yang sama sekali tidak kebagian gerhana matahari di antaranya DKI Jakarta, semua kota di Jawa Barat, kecuali Indramayu, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, 10 kota di Jawa Tengah, 7 kota di Jawa Timur, 2 kota di Bengkulu, dan 7 kota di Lampung.  (fur/dtk/Lapan).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *