Hikmah Siang: Manfaat Kentut Perpanjang Umur

Hikmah kentut memperpanjang umur
Ilustrasi
banner 400x400

HAJINEWS.ID,- Media ini beberapa kali menyiarkan hikmah kentut, namun baru kali ini yang menyebutkan hikmah kentut dari sisi kesehatan.

Suatu hari rasulullah SAW menyatakan bahwa:

Bacaan Lainnya
banner 400x400

مَنْ سَتَرَ عَلَى مُسْلِمٍ فِي الدُّنْيَا سَتَرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ

Artinya: “Barang siapa menutupi (aib) seorang Muslim sewaktu di dunia, maka Allah akan menutup (aibnya) di dunia dan akhirat. Sesungguhnya Allah senantiasa menolong seorang hamba selama ia menolong saudaranya.” (HR. Tirmidzi).

Kentut termasuk  peristiwa aib yang oleh Rasul tak poerlu diusut. Di luar itu, dari sisi kesehatan, kentut bisa memperpanjang umur.

Dalam fikih shalat, kentut termasuk yang membatalkan wudhu. Ini sesuai dengan Hadits Nabi:

عن عباد بن تميم، عن عمه، قال: شكي إلى النبي صلى الله عليه وسلم الرجل يجد في الصلاة شيئا أيقطع الصلاة؟ قال: لا حتى يسمع صوتا أو يجد ريحا» وقال ابن أبي حفصة، عن الزهري: «لا وضوء إلا فيما وجدت الريح أو سمعت الصوت

Diriwayatkan dari Ibad bin Tamim, dari pamannya. Ia berkata: Ada seseorang yang mengadu kepada Nabi tentang sesuatu yang membatalkan Shalat. Kemudian Nabi menjawab: seseorang tak boleh membatalkan shalat sampai ia mendengar suara, atau mengeluarkan angin kentut. Ibnu Abi Hafsah berkata: diriwayatkan dari Zuhri: tak membatalkan wudhu kecuali engkau mengeluarkan angin, atau mendengar suaranya. (HR. Al-Bukhari).

Sebuah studi  yang dilakukan di Exeter University, Inggris menyatakan bahwa kentut yang merupakan proses pelepasan gas dari tubuh, itu benar-benar sehat. Setiap saat Anda khawatir orang akan menertawakan Anda jika mendengar suara kentut. Tapi mereka seharusnya berterima kasih pada Anda, bukan menertawakan Anda saat mendengar suara kentut atau mencium baunya. Percaya atau tidak itulah faktanya.

Seperti dilansir Republika (16/03/28), setiap orang pasti kentut. Baik itu saat sendirian, di alam bebas atau di sekitar teman-teman maupun di dekat orang-orang asing. Tekanan yang terjadi didalam otot perut akhirnya meluncur keluar.

Tergantung pada apa yang sedang terjadi di dalam usus atau asam perut, kentut dapat membawa bau busuk atau justru tidak berbau. Kentut bisa tidak berbunyi atau jika miring dari kursi yang tepat, menggema di seluruh ruangan.

Orang akan kentut dengan bangga atau tetap tenang, bahkan melemparkan kesalahan pada orang lain jika buang gas di dalam bus. Proses mengeluarkan gas adalah fungsi alami dari tubuh, seperti bersendawa dan meringankan tekanan dari dalam diri Anda. Apakah Anda pernah berpikir untuk bertanya apakah fungsi lebih kentut untuk tubuh?

Bayangkan Anda berada di sebuah restoran kelas atas. Makanan di restoran tersebut sangat kaya konten dan perut Anda mulai bergetar. Sebuah sensasi mendalam dalam usus adalah tanda untuk tubuh Anda bahwa Anda harus kentut.

Menurut para ilmuwan, kentut adalah fungsi lain tubuh yang bertujuan untuk memperpanjang hidup. Ini adalah zat kimia membuat gas keluar tubuh Anda. Seperti flouride yang ditemukan di rata-rata pasta gigi, hydrogen sulfide dapat mematikan dalam dosis tinggi.

Namun, sebuah kentut mengandung dosis kecil H2S. Zat ini cukup kecil untuk dikonsumsi oleh manusia. Jumlah tertentu yang ditinggalkan tubuh dalam kentut sangat sehat. Bayangkan, setiap kali Anda kentut di kelas, Anda yang membantu mereka di sekitar Anda menjalani kehidupan yang sehat, dikutip Lifehack. (fur/dbs).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *