5 Minuman yang Dianjurkan untuk Pasien Diabetes

banner 400x400

Jakarta, hajinews.id – Untuk mengontrol penyakit diabetes, anda tidak bisa asal sembarang makan dan minum. Hal ini dilakukan agar mencegah lonjakan darah. Dikutip dari Healthline, The American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan minuman nol kalori atau rendah kalori. Beberapa minuman yang aman anda minum antara lain:

1. Air

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dalam hal hidrasi, air adalah pilihan terbaik bagi penderita diabetes. Itu karena itu air tidak akan menaikkan kadar gula darahmu. Kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan dehidrasi. Minum cukup air dapat membantu tubuhmu menghilangkan kelebihan glukosa melalui urine. Institute of Medicine merekomendasikan pria minum sekitar 13 gelas (3,08 liter) sehari dan perempuan minum sekitar 9 gelas (2,13 liter). Jika air biasa tidak menarik, kamu bisa buat infused water. Caranya adalah tambahkan irisan lemon, jeruk nipis, atau jeruk lalu tambahkan herba beraroma, seperti mint, basil, atau lemon balm. Terakhir hancurkan beberapa raspberry segar atau beku ke dalam minuman.

2. Teh hijau

Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau memiliki efek positif pada kesehatan manusia secara umum. Teh hijau juga dapat membantu mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau hingga 6 cangkir (1,42 liter) sehari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk menguatkan teori ini. Namun perlu diingat bahwa teh yang anda minum tidak boleh menggunakan gula. Untuk rasa yang menyegarkan, buat es teh anda sendiri dengan menggunakan teh wangi yang dingin, seperti rooibos, dan tambahkan beberapa potong lemon.

3. Kopi

Sebuah studi pada 2012 menemukan bahwa minum kopi dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Peneliti menemukan bahwa tingkat risikonya turun, bahkan lebih rendah pada orang yang minum 2 hingga 3 cangkir per hari. Ini juga berlaku untuk orang yang minum 4 cangkir atau lebih per hari. Seperti halnya teh, kopi yang anda minum harus tetap tanpa pemanis. Sebab menambahkan susu, krim, atau gula ke kopi anda meningkatkan jumlah kalori secara keseluruhan dan dapat memengaruhi kadar gula darah anda.

4. Jus sayur

Karena sebagian besar buah mengandung gula, anda bisa coba jus sayur. Buat campuran anda sendiri seperti sayuran berdaun hijau, seledri, atau mentimun dengan segenggam beri untuk suplai vitamin dan mineral yang beraroma. Ingatlah untuk menghitung buah beri sebagai bagian dari total karbohidrat kamu untuk hari itu.

5. Susu rendah lemak

Produk susu harus dimasukkan dalam konsumsi harian anda. Susu mengandung vitamin dan mineral penting, namun, perlu diingat bahwa kamu harus pilih susu tanpa pemanis, rendah lemak, atau skim. Anda harus membatasi diri anda pada 2 hingga 3 gelas delapan ons sehari. Anda juga dapat mencoba pilihan susu rendah gula.

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar