Hikmah Pagi : 7 Golongan Manusia Calon Penghuni Surga Firdaus

banner 400x400

Hajinews.id – Akhirat adalah suatu tempat yang akan dituju manusia setelah meninggal dunia, apabila timbangan amal baik selama di dunia lebih berat dari pada amal buruknya, maka pintu syurga akan terbuka untuk menyambutnya.Jika ingin bahagia di Akhirat, dan berharap masuk ke Surga Firdaus, perbaiki sholat dan perbanyak amal.

Berikut ini hajinews.id rangkumkan 7 golongan manusia penghuni surga firdaus yang dilansir dari YouTube Doa Pedia pada Rabu, 16 Desember 2020.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

1. Orang-orang yang khusyuk dalam shalatnya

yaitu orang-orang yang pada waktu salat memusatkan perhatian hanya kepada Allah serta ikhlas dalam menjalankannya. Memang untuk mencapai khusyuk dalam shalat sangat berat, tapi dengan ketulusan hati dan tetap fokus pada setiap apa yang kita baca, dan menghayati artinya, kekhusyukan akan tercapai. Dalam tafsir Ibnu Abbas, orang-orang yang khusyuk dalam shalatnya yakni orang-orang yang merendahkan diri, tawaduk, tidak melirik ke kanan dan kekiri, serta tidak pula meninggikan tangan, mengangkat kedua sikut dalam shalat.

2. orang-orang yang menjauhkan diri dari perbuatan tidak berguna, yaitu orang-orang yang meninggalkan kebatilan dan sumpah yang tak perlu.

3. orang-orang yang menunaikan zakat

Zakat memberi banyak manfaat bagi pelakunya, yaitu membersihkan diri dari sifat kikir dan cinta berlebihan pada dunia serta menyucikan hati sehingga menumbuhkan sifat-sifat kebaikan dalam diri

4. Orang-orang yang menjaga kemaluannya dari perbuatan keji dan zina.

Saat ini menjaga kemaluan dari hal-hal yang haram terasa berat, karena untuk mendekati perbuatan zina, sudah semakin mudah diakses. Berusaha setia terhadap istri yang kita miliki sesungguhnya itu adalah kebenaran dan kebaikan. Barangsiapa mencari dibalik itu mereka itulah orang-orang yang melampaui batas yakni orang-orang yang melanggar halal dan mengerjakan yang haram.

5. Orang yang menahan pandangannya

Menjaga pandangan dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah, pandangan mata itu penuh dengan panah beracun yang membuat kita terjerumus ke dalam hal-hal yang diharamkan

6. Orang-orang yang memelihara amanah dan menepati janji

Terhadap perkara-perkara yang diamanatkan kepada mereka seperti Shaum, wudhu, mandi, jinabat, titipan dan sebagainya

7. Orang-orang yang memelihara shalatnya, yaitu senantiasa menunaikan salat tepat pada waktunya dan berjamaah di Masjid bagi kaum muslimin. Hal ini terasa berat bagi orang-orang yang tidak terbiasa, banyak alasan yang menyebabkan mereka enggan menunaikan salat di masjid berjamaah.

Semoga Allah selalu membimbing kita agar bisa diperkenankan untuk menjadi salah satu penghuni surga firdaus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar