UGM Beri Penghargaan Hamengku Buwono IX Award kepada Jusuf Kalla

Ketua Dewan Guru Besar UGM Koentjoro, Jusuf Kalla dan Rektor UGM Panut Mulyono,(Foto:Tempo)
banner 400x400

YOGYAKARTA, hajinews.id – Universitas Gadjah Mada tepat pada ulang tahun UGM ke-70, memberikan penghargaan Hamengku Buwono IX kepada mantan wakil presiden Muhammad Jusuf Kalla atau JK, Kamis (19/12/ 2019).

Pemberian penghargaan dilakukan karena UGM menilai JK sebagai tokoh yang berjasa dalam bidang sosial kemasyarakatan. Kiprah JK dinilai memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas berpikir dan kesejahteraan masyarakat. Ia juga berperan aktif bagi kemajuan, kemakmuran dan perdamaian umat manusia.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

JK mengucapkan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika UGM yang telah memilihnya untuk menerima Hamengku Buwono IX Award.

JK menuturkan, penghargaan tersebut membawa kebanggaan tersendiri, terlebih melihat sejarah Sultan Hamengku Buwono IX dan Gadjah Mada.

“Ini menjadi suatu penghargaan yang sangat tinggi karena HB IX merupakan tokoh besar yang berjuang dan mempertahankan kemerdekaan. Penghargaan ini suatu hal yang sangat berarti dan penting bagi saya,” ujar JK.

Sementara itu, Rektor UGM Panut Mulyono mengatakan pihaknya setiap tahun mencari dan memilih sosok yang memiliki jiwa nasionalisme sebagaimana halnya Hamengku Buwono IX yang telah berjasa besar bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

“Pak JK dikenal sebagai juru damai, ujung tombak penyelesaian konflik, dan tidak pernah kehilangan solusi dalam memecahkan persoalan bangsa. Sosoknya layak dan patut mendapat penghargaan,” ujar Panut. (rah/tempo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *