5 Amalan Sunnah Setelah Makan

banner 400x400

Hajinews.id –Makan merupakan kebutuhan yang sering dilakukan oleh setiap orang, namun sebagian orang setelah makan lupa untuk melakukan hal-hal yang diajarakan Rasulullah SAW. Padahal Kebiasaan setelah makan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW memiliki nilai ibadah.

Dirangkum hajinews dari mantrasukabumi.com berikut kebiasaan yang harus dilakukan setelah makan yang diajarkan Rasulullah SAW:

Bacaan Lainnya
banner 400x400

1. Menjilati jari-jari tangan

Inilah alasan kenapa makan lebih baik menggunakan tangan dibandingkan menggunakan alat makan yang lain seperti sendok, garpu dan lain sebagainnya, sebab jika makan dengan tangan maka kita bisa menjilati jari-jari tangan sehabis makan.Hal ini bagi sebagian orang terdengar tidak biasa, namun ini merupakan sunah Rasulullah SAW.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika salah satu di antara kalian makan, maka janganlah dia bersihkan tangannya sehingga dia jilati atau dia minta orang lain untuk menjilatinya.” (HR. Bukhari no. 5456 dan Muslim no. 2031).

2. Membersihkan makanan dengan berkumur

Setelah makan, bersihkan makanan yang terdapat di gigi dengan berkumur-kumur, namun saat ini bisa dengan gosok gigi menggunakan pasta gigi agar mulut jadi bersih, segar serta terbebas dari bakteri dari sisa-sisa makanan.

3. Berhenti makan sebelum kenyang

Makan berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan. Selain tidak baik untuk kesehatan, Allah juga tidak menyukai sesuatu yang berlebih-lebihan. Firman Allah dalam Surah Al-A’raf ayat 31:

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”

4. Tidak menyisakan makanan

Sebagai tanda syukur kita, makanan yang telah kita ambil haruslah dihabiskan. Meski makanan jatuh dari wadahnya, maka bersihkanlah bagian yang kotor, dan makanlah sisanya.

Dari Jabir bin Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “sesungguhnya setan bersama kalian dalam segala keadaan, sampai-sampai setan bersama kalian pada saat makan. Oleh karena itu jika makanan kalian jatuh ke lantai maka kotorannya hendaknya dibersihkan kemudian di makan dan jangan dibiarkan untuk setan. Jika sudah selesai makan maka hendaknya jari jemari dijilati karena tidak diketahui di bagian manakah makanan tersebut terdapat berkah.” (HR Muslim no. 2033 dan Ahmad 14218)

5. Berdoa setelah makan.

Dari kecil kita diajarkan untuk selalu berdoa apabila setelah makan, hal itu bertujuan agar kita terbiasa, sebab, berdoa sesudah atau setelah makan merupakan sunah Rasulullah SAW.

Berikut doa sesudah makan:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِينَ

Alhamdulillahilladzii ath’amana wasaqoona waja’alana muslimiin.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makanan dan minuman dan menjadikan kami bagian dari orang-orang yang berserah diri.”

Nah, itulah kebiasaan setalah makan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, jangn lupa untuk selalu melaksanakannya.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *