5 Obat Penyebab Kerusakan Jantung

banner 400x400

Hajinews.id – Pengetahuan mengenai jenis obat yang dapat menyebabkan kerusakan jantung penting untuk disimak. Karena kerusakan jantung akibat mengonsumsi jenis obat-obatan ini bisa Anda cegah dengan membatasi konsumsinya.

Seperti yang dilansir dari Ringtimesbanyuwangi.com dan Winchesterhospital pada 6 Februari 2021, berikut ini jenis obat yang menyebabkan kerusakan jantung.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

1. Obat untuk kanker

Antrasiklin adalah obat resep untuk kanker. Adapun contoh pengobatan yang termasuk dalam antrasiklin yaitu doksorubisin, daunorubisin, epirubisin dan idarubicin. Apabila dikonsumsi dalam waktu yang lama ataupun dengan dosis tinggi, obat ini dapat menyebabkan kerusakan jantung.

2. Obat untuk mengatasi gangguan mental

Ada banyak obat yang dapat mengatasi gangguan mental tertentu, seperti skizofrenia. Adapun jenis obat yang digunakan antara lain clozapine, klorpromazin, fluphenazine, haloperidol dan risperidone. Mengonsumsi obat ini memberikan efek samping yang dapat meningkatkan risiko masalah kardiovaskular seperti serangan jantung ataupun stroke. Sehingga sebelum Anda mengonsumsi jenis obat ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

3. Obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri atau antiinflamasi nonsteroid biasanya digunakan untuk mengurangi demam dan nyeri. Obat ini juga digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak akibat peradangan. Orang yang sudah mengonsumsi obat ini bisa mendapatkan efek samping jika terlambat minum obat dalam waktu yang lama dan sudah memiliki risiko penyakit kardiovaskuler. Efek samping dari terlalu sering mengonsumsi obat pereda nyeri adalah kerusakan jantung yang mengakibatkan serangan jantung bahkan stroke.

4. Obat diabetes tipe 2

Obat yang sering dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah jenis thiazolidinediones. Obat ini dikaitkan dengan kerusakan jantung dan peningkatan terjadinya serangan jantung dan gagal jantung. Sehingga Anda harus membatasi konsumsi jenis obat ini. Sebagai alternatif lain Anda bisa mengonsumsi bahan-bahan herbal yang dapat menurunkan kadar gula darah secara alami. Selain itu, gaya hidup yang sehat juga harus dilakukan sebagai antisipasi pencegahan gula darah yang tiba-tiba melonjak.

Nah, itulah beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan kerusakan jantung jika dikonsumsi dalam waktu yang lama.

Jadi usahakan untuk membatasinya dan konsultasi ke dokter mengenai efek samping obat tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *