OJK : Hati-hati Investasi Bodong!, Pahami Skema Ponzi

banner 400x400

Hajinews.id – Tawaran investasi dengan keuntungan yang besar dalam waktu singkat bisa membuat kita gelap mata dan menyesal dikemudian hari.

Salah satunya, investasi berkedok skema Ponzi yang saat ini kerap kali terjadi. Melalui akun Instagramnya, OJK membeberkan modus penipuan investasi dengan skema Ponzi

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Pada saat ini modus Ponzi sering dilakukan oleh penipu yang mengiming-iming investor bisa memperoleh keuntungan dari sejumlah deposit uang yang disimpan. Investor juga akan diberikan bonus apabila dapat mengajak teman untuk ikut menggunakan aplikasi tersebut (sistem referal),” tulis dalam akun Instagram OJK seperti dikutip, Minggu (14/2/2021).

Dilansir IDXChannel berikut adalah modus skema ponzi yang bisa diantisipasi masyarakat, di antaranya:

1. Menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat dan tanpa risiko. Namun, proses bisnis investasi yang tidak jelas.

2. Produk investasi biasanya milik luar negeri. Staf penjualan mendapatkan komisi dalam merekrut orang, pada saat investor ingin menarik investasi, malah diiming-imingi investasi dengan bunga yang lebih tinggi.

3. Mengundang calon investor dengan menggunakan tokoh masyarakat dan tokoh agama sebagai figur. Serta pengembalian macet di tengah-tengah.

Penipuan investasi dengan skema ini bermula dari penipuan di Italia oleh Charles Ponzi yang merupakan seorang pria asal Italia. Charles Ponzi adalah pencetus skema Ponzi yang kemudian menjadi terkenal pada 1920. Dia melakukan penipuan dengan kerugian mencapai USD225 juta di masa sekarang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *