Kibarkan Kemenangan atas Covid-19

ilustrasi
banner 400x400

#Hijau tanda Kemenangan.

Penulis : Dr.Abidinsyah Siregar

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Keluarga Indonesia telah merasa lebih aman, lebih sehat, lebih bahagia atas kepatuhannya menjalankan imbauan Bapak Presiden Jokowi untuk Dirumahsaja “Belajar dari Rumah, Bekerja dari Rumah, dan Beribadah di Rumah”, serta mengikuti Protokol Kesehatan maupun PSBB untuk Jaga Jarak, Pakai Masker, Cuci tangan pakai sabun, Meningkatkan imunitas, menghindari kerumunan, banyak minum dan berjemur mentari pagi.

Tidak sampai 100 hari, Virus Covid-19 melanda lebih 200 negara termasuk Indonesia dalam tempo singkat, menunjukkan betapa rapuhnya daya tahan manusia jika diperhadapkan dengan penyakit apalagi wabah yang belum ada obat dan vaksinnya. Negara kaya, kuat, cerdas, apapun ideologinya, semua terpapar.

Jutaan manusia jatuh sakit dan kehilangan hari dan minggu produktifnya. Puluhan juta manusia kehilangan pekerjaan. Ratusan juta orang seketika jatuh kedalam kesulitan ekonomi. Dan miliaran manusia, was-was, berdiam di rumah, ikhlas maupun terpaksa.

Wabah virus corona Covid-19 pasti berakhir. Covid-19 memberikan pesan penting. Persebarannya bukan karena pergerakannya, karena dia diam. Persebarannya karena mobilitas manusia. Berpindah dari manusia kepada Manusia yang lain.

Manusia diam, Virus Covid-19 berhenti, mati. Berdiam di rumah adalah pilihan tepat dan sehat.
Rumah adalah benteng pertahanan terkuat dan jalan kemenangan. Menandai kemenangan Rumah-Rumah kita. Kibarkan semangat kebersamaan dan kesungguhan hidup sehat..

Kibarkan perjuangan kita mewujudkan paradigma sehat melalui Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kibarkan perjuangan kita membangun keluarga berkualitas. Mari kita kibarkan bendera hijau.

Semakin ramai bendera hijau kita kibarkan, semakin sempit zona merah wabah keburukan. Sehat memang bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan, semua tiada artinya.

#AyooKibarkanBenderaHijaudiPintuRumah

Jakarta, 5 Mei 2020

Penulis adalah: Ahli Utama BKKBN dpk Kemenkes/ Mantan Deputi Bidang, Penggerakan dan Informasi BKKBN/ Mantan Komisioner KPHI/ Mantan Kepala Pusat Promosi Kesehatan Depkes RI/ Tim Nasional Penanggulangan Bencana Covid-19 PMI-DMI/ Dewan Pakar PB IDI/ Ketua Orbinda IKAL Lemhannas/ Pengasuh portal web.GOLansia.com dan kanal-kesehatan.com??

(fur)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *