Achmad Purnomo Positif Corona, Jokowi Segera Tes Swab

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. (Foto: Merdeka.com)
banner 678x960

SOLO, hajinews.id  – Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo positif terjangkit COVID-19 berdasarkan hasil tes usap yang diikutinya pada Sabtu (18/7/2020).

“Iya positif, saat ini beliau sedang menjalani isolasi mandiri,” kata Kepala Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surakarta Ahyani di Solo, Jumat (24/7/2020).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ahyani mengatakan usai mengikuti tes usap sendiri, Purnomo sempat mengikuti rapat paripurna. Bahkan, pada Kamis (16/7) Purnomo memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. Oleh karena itu, nantinya akan ada tes usap hasil penelusuran kontak erat Purnomo.

Seperti diketahui, Achmad Purnomo sempat bertemu Jokowi di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 16 Juli 2020. Mereka bertemu sehari sebelum PDIP resmi mengumumkan mengusung putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai bakal calon Wali Kota di Pilkada 2020 Solo.

“Hasilnya (tes usap Purnomo) keluar kalau tidak hari Rabu, Kamis. Namun sejak kemarin beliau sudah diminta istirahat, ini tadi juga tidak ikut mider projo,” kata Ahyani.

Ahyani mengatakan penelusuran tidak dilakukan kepada semua yang berinteraksi dengan Purnomo namun hanya yang berkontak dekat dan erat.

Adapun saat dihubungi, Purnomo enggan menjelaskan statusnya. Ia meminta agar kondisinya langsung ditanyakan ke Dinas Kesehatan.

Purnomo mengatakan sudah mengikuti tes usap sebanyak dua kali, yaitu pada hari Jumat dan Sabtu minggu lalu. Ia mengatakan pada tes usap pertama hasilnya negatif. “Kalau yang kedua hasilnya tendensi positif, jadi belum bisa disimpulkan,” katanya. Meski demikian, menurut Purnomo, hingga saat ini tidak ada keluhan yang dirasakan.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan seluruh perangkat Istana akan mempercepat jadwal tes swab rutin. Hal itu dilakukan usai mendapat kabar soal Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Presiden dan seluruh perangkat akan mempercepat jadwal swab tes,” ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, Jumat (24/7/2020).

Menurut Heru, setiap tamu yang datang ke istana menjalani protokol kesehatan yang ketat. Setiap tamu harus mengikuti rapid test.

“Bapak presiden dan perangkat secara rutin melakukan swab. Untuk khusus hal Wakil Wali Kota Solo, saya rasa bapak presiden akan melakukan swab lebih cepat dari biasanya setelah mendengar Pak Achmad Purnomo positif,” ujar Heru.

Heru meyakini lingkungan istana masih tetap steril. “Contoh saja saya, baru kemarin swab dan hasilnya negatif dan saya sering dan tiap hari berinteraksi dengan Bapak Presiden,” kata Heru. (rah/berbagai sumber)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *