Konsumsi Buah Salak Untuk Mencegah Risiko Kanker Prostat

Jakarta, HAJINEWS.ID – Salak sering dianggap sebagai buah yang remeh, padahal buah satu ini tak kalah bermanfaatnya jika dibandingkan dengan buah lainnya. Lalu, sebenarnya apa manfaat buah salak?

Sebelum membahas mengenai manfaat buah salak, kita kenalan dulu yuk dengan buah ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Salak merupakan tumbuh yang hidup subur di iklim tropis seperti Indonesia. Jenisnya ada banyak, seperti salak condet, salak bali, salak pondoh, dan salak sidempuan. Buah yang dominan dengan rasa manis, asam, serta ada sensasi sepat ini ternyata mengandung banyak khasiat.

Apa saja manfaat buah salak bagi kesehatan?

1. Mengandung antioksidan
Pada Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, disebutkan bahwa buah eksotis ini memiliki sifat farmakologis yang beragam dan potensial karena kandungan antioksidannya yang tinggi.Selain itu, buah salak juga sering dikonsumsi karena rasanya yang manis.

2 sumber nutrisi
Dalam situs Healthy Benefits Times, selain rasanya yang manis dan sedikit asam, salak merupakan sumber nutrisi, vitamin dan mineral yang baik. Makan 100 gram salak mengandung 3.9 mg zat besi, 0.2 mg vitamin B2, 8.4 mg vitamin C, 12.1 g karbohidrat, 38 mg kalsium, 18 mg fosfor, 0.8 g protein, 0.4 g lemak total dan 0.3 g dari total serat pangan.

3. Mencegah Risiko Kanker Prostat
Dalam buah salak terdapat kandungan yang bernama pektin yaitu senyawa serupa dengan karbohidrat kompleks yang didapat dari dinding sel sebuah tumbuhan, termasuk buah salak.Menurut Integrative Cancer Therapies, mengkonsumsi buah apa saja yang mengandung pektin dapat ampuh menghambat tumbuhnya sel kanker sebanyak 54%.

4. Kaya akan Kandungan Vitamin C
Tahukah anda, dengan mengkonsumsi 100 gram buah salak, terdapat 10% kandungan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap virus.Kandungan vitamin c dalam salak bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, Elastisitas dan kecerahan rona kulit.

5. Makanan Pendamping Diet
Tekstur buah salak dengan serat yang padat dapat memberikan efek kenyang. Makanya, salak bisa jadi alternatif bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Tapi ingat ya konsumsilah buah salak dengan porsi yang wajar dan harus diimbangi dengan sumber nutrisi lainnya. Sehingga anda tetap bisa merasakan manfaat buah salak yang maksimal.

6. Baik untuk Tulang
Banyak yang beranggapan kalsium hanya didapatkan dari susu saja, padahal salak juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Manfaat buah salak termasuk memberikan kalsium yang baik untuk tulang. Di dalam salak mengandung kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian keluarga.

7. Mengatasi Kondisi Anemia
Anda mengalami gejala anemia? Coba konsumsi salak sebagai asupan yang alami. Manfaat buah salak termasuk dapat mengatasi kondisi anemia yang menkhawatirkan. Mengapa? Karena salak mengandung zat besi dan tiamin yang bisa membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

8. Baik untuk Kesehatan Mata
Manfaat buah salak selanjutnya yaitu baik untuk kesehatan mata. Ini karena kandungan antioksidan beta karoten yang kuat, membantu menyembuhkan cacat mata seperti rabun dekat. Porsi rutin salak dalam makanan bisa menjadi pengganti yang baik dari semua pengobatan yang diikuti untuk menjaga kesehatan mata. Ini mengandung sekitar lima kali lebih banyak beta karoten daripada semangka dan mangga.

9. Menyehatkan Jantung
Manfaat buah salak juga dapat menyehatkan jantung. Mengutip Med India, salak kaya akan kandungan kalium yang menyehatkan jantung. Jumlah antioksidan dan mineral yang tinggi dapat membantu menjaga sistem kardiovaskular berfungsi dengan baik dan membantu pengaturan air dalam tubuh.

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mengkonsumsi salak sewajarnya saja ya. Karena yang berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan. (Diolah dari berbagai sumber)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar