Tak Ada Kata Golput untuk Orang Beriman

Tak Ada Kata Golput untuk Orang Beriman
ilustrasi: Golput
banner 400x400

Sejauh menyangkut ajaran Islam telah dikenal apa yang dinamakan dengan muraaqabah, yaitu kesadaran atau keyakinan yang dimiliki seseorang bahwa Allah SWT senantiasa mengawasi, melihat, mendengar, dan mengetahui segala apa yang dilakukan hamba-Nya di manapun dan kapanpun. Ajaran ini, antara lain didasarkan pada firman Allah SWT dalam Al-Quran Surat al-Mujaadalah [58] ayat 7 yang artinya berbunyi:

“Tidakkah engkau perhatikan, bahwa Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi? Tidak ada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dialah yang keempatnya. Dan tidak ada lima orang, melainkan Dialah yang keenamnya. Dan tidak ada yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia pasti bersama mereka di mana pun mereka berada. Kemudian Dia akan memberitakan kepada mereka pada hari Kiamat apa yang mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Kesadaran merasa selalu diawasi akan memainkan peran sendiri dalam mencegah individu dari melakukan pelanggaran dan kejahatan, sehingga ia menjadi sangat penting untuk dimiliki oleh dan tertanam dalam diri setiap orang.

Atas dasar itu, ia harus menjadi salah satu doktrin moral dalam pendidikan keluarga yang harus ditanamkan dan dipupuk sejak dini oleh setiap orang tua kepada anak-anaknya untuk melahirkan generasi yang jujur dan baik.

Tidak peduli apa alasannya, sikap golputnya tidak dapat dibenarkan. Bayangkan jika 80% orang Indonesia tidak melakukan apa-apa? Karena tidak sesuai dengan dinamika demokrasi di Indonesia, keadaan di bidang politik, ekonomi, hukum, sosial, dan lainnya akan sangat berbahaya atau mudarat yang sangat fatal karena tidak sesuai dengan dinamika demokrasi di Indonesia.

Memang, keadaan tidak berubah karena pemilihan umum.

Pemilihan diadakan untuk memastikan bahwa pemerintahan yang sah tetap ada dan semua aktivitas ekonomi, sosial, politik, budaya, pendidikan, kesehatan, dan hukum berlangsung.

Meskipun demikian, kami berharap pemilu dapat meningkatkan keadaan di semua bidang.

Selain itu, kami mengimbau untuk menggunakan hak pilih semaksimal mungkin dengan memilih para calon di TPS yang telah ditentukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *