Menag: Penyelenggaraan Ibadah Haji 2024 Harus Lebih Baik Dari Tahun Lalu

Penyelenggaraan Ibadah Haji 2024
Yaqut Cholil Qoumas
banner 400x400

Hajinews.co.id Persiapan Haji Tahun 1445/2024 Masehi. Hal ini menjadi semakin matang seiring semakin dekatnya waktu pemberangkatan jamaah haji rombongan pertama. Haji 2024 diharapkan menjadi masa terbaik kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memimpin langsung rapat persiapan ibadah haji 2024. Menteri Agama yang biasa disapa Gus Men meminta jajaran Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama untuk menyiapkan penyelengaraan haji tahun ini dengan sebaik-baiknya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Gus Men menegaskan, pelaksanaan tahun 2024 harus lebih baik dibandingkan tahun lalu sesuai arahan Presiden Jokowi.

“Arahan Presiden Joko Widodo penyelengaraan haji tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Ditjen PHU harus menyelenggarakan ibadah haji tahun ini dengan baik tanpa kendala berarti,” kata Gus Men seperti dikutip dari laman resmi Kemenag, Senin (29/4/2024).

Arahan dan imbauan tersebut disampaikan dalam rapat yang digelar di rumah dinas Komplek Widya Chandra, Jakarta, Minggu (28/4/2024).

Lebih lanjut, Gus Men berharap agar penyelenggaraan haji 2024 ini bisa berjalan lancar tanpa hambatan.

“Penyelengaraan haji tahun ini harus menjadi yang terbaik sepanjang kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Saya tidak ingin ada lagi hambatan-hambatan. Jika ada hambatan segera lakukan mitigasi dari sekarang,” lanjutnya.

Update Persiapan Penyelenggaraan Haji 2024

Rapat persiapan penyelengaraan haji 2024 ini turut dihadiri Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief dan jajaran, Irjen Kemenag Faisal, Sekjen Kemenag Muhammad Ali Ramdhani para Staf Khusus, Staf Ahli dan Tenaga Ahli Menteri Agama.

Dalam kesempatan tersebut Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief memaparkan update persiapan penyelenggaraan ibadah haji 2024. Persiapan baik dalam negeri maupun di Arab Saudi dibahas secara detail mulai dari akomodasi, transportasi, hinga konsumsi jemaah.

Termasuk dalam agenda persiapan penyelenggaraan haji 2024, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Rabiah diagendakan akan bertandang ke Indonesia. Delegasi Arab Saudi akan berkunjung ke Indonesia pada 29 April hingga 2 Mei 2024.

Dalam kunjungannya, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi akan bertemu dengan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Menteri Tawfiq F Rabiah juga akan melakukan pertemuan khusus dengan Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Dilanjutkan kunjungan ke kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta menghadiri Lokakarya Peraturan Kesehatan pada Musim Haji Tahun 1445H.

Sebagai informasi, jemaah haji kloter pertama akan diberangkatkan dari Indonesia menuju Madinah, Arab Saudi mulai 12 hingga 23 Mei 2024. Jemaah haji kloter pertama akan mendarat di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Sumber: detik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar