Pria Wajib Baca! Ini 7 Cara Mencegah Kanker Prostat

Mencegah Kanker Prostat
Mencegah Kanker Prostat
banner 400x400
  1. Konsumsi Kedelai dan Teh

Salah satu metode untuk pencegahan potensi kanker prostat adalah dengan mengonsumsi kedelai dan teh secara teratur. Kedua makanan tersebut mengandung nutrisi isoflavon yang berhubungan dengan penurunan risiko terhadap kanker prostat. Selain kedelai dan teh, kandungan isoflavon juga dapat ditemukan pada tahu, kacang-kacangan, buncis, dan kecambah.

  1. Berjemur

Kurangnya paparan sinar matahari pada kulit mampu meningkatkan risiko kanker prostat. Oleh karena itu, disarankan untuk berjemur agar manfaat dari sinar matahari bisa diterima secara optimal.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Menariknya, vitamin D yang diperoleh dari paparan sinar matahari juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan beberapa organ vital dalam tubuh, seperti jantung dan ginjal.

  1. Konsumsi Makanan Sehat Bergizi Seimbang

Salah satu langkah menjaga kesehatan prostat adalah dengan memperhatikan pola makan yang sehat dan seimbang khususnya dengan meningkatkan konsumsi sayuran berdaun hijau seperti selada, bayam, dan brokoli. Hal ini karena sayuran berdaun hijau kaya akan berbagai nutrisi penting seperti vitamin dan antioksidan yang memiliki manfaat untuk kesehatan prostat.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi mengandung protein, karbohidrat, serat, dan juga meningkatkan asupan sayuran berdaun hijau dalam menu harian Anda.

Gejala Kanker Prostat

Saat stadium awal, kanker prostat jarang menimbulkan gejala yang spesifik. Bahkan pada kasus kanker prostat yang sudah lanjut, seseorang mungkin tidak menunjukkan gejala yang jelas.

Gejala umum seperti kesulitan buang air kecil, yang sering dialami oleh pria usia pertengahan, tidak selalu terkait dengan kanker prostat secara langsung. Gejala tersebut seringkali disebabkan oleh pembesaran prostat jinak atau benign prostate hyperplasia, yang cenderung terjadi seiring dengan bertambahnya usia.

Berikut ini gejala kanker prostat antara lain:

  • Terdapat darah dalam urine atau sperma
  • Aliran urine lemah
  • Sering buang air kecil
  • Merasa masih ada urine di kandung kemih setelah buang air kecil
  • Penurunan berat badan tanpa sebab
  • Tulang terasa pegal linu, terutama di bagian pinggul dan tulang belakang
  • Terasa sakit saat buang air kecil dan ejakulasi
  • Sulit ereksi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar