Apa Itu Penyakit Prostat? Pelajari Penyebab, Gejala, dan Prosedur Operasinya

Apa Itu Penyakit Prostat?
Apa Itu Penyakit Prostat?


banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSeorang warga Pasuruan, 61 tahun, kelahiran Pandeglang, Banten, Subandi, dikejutkan dengan hilangnya buah zakarnya usai operasi prostat di RSUD Bangil. Kini ia menuntut keadilan karena harus menerima kenyataan bahwa ia tidak bisa lagi memberikan nafkah batin kepada istrinya.

Ia menuturkan, penyakit tersebut bermula saat ia mengalami masalah pada kelenjar prostatnya pada tahun 2021. Hingga akhirnya dokter yang merawatnya menyarankan untuk dioperasi, karena urine yang tertinggal dalam waktu lama dapat menyebabkan terbentuknya lemak.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Masalah prostat bisa menjadi serius jika tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu, mari pelajari lebih lanjut tentang penyakit prostat dan prosedur operasinya.

Apa Itu Penyakit Prostat?

Prostat adalah kelenjar pada sistem reproduksi pria yang mengelilingi saluran kemih (uretra). Fungsi kelenjar prostat adalah memproduksi hormon dan mengeluarkan cairan yang menjadi komponen sperma.

Seiring bertambahnya usia, kelenjar prostat yang semula seukuran buah kenari semakin membesar sehingga dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, termasuk penyakit prostat.

Penyakit prostat merupakan masalah kesehatan yang biasanya menyerang pria berusia di atas 50 tahun. Penyakit ini bisa disebabkan oleh menyempitnya saluran kencing yang tertekan oleh kelenjar prostat, bila melebar maka penderitanya akan kesulitan buang air kecil. Jika tidak segera diobati, penyakit ini bisa menimbulkan ancaman serius.

Faktor Penyebab Penyakit Prostat

Hingga saat ini, belum diketahui apa penyebab pembesaran kelenjar prostat. Namun, kondisi tersebut dapat dipicu dengan perubahan pada keseimbangan kadar hormon seksual seiring pertambahan usia pria.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, ada beberapa faktor penyebab yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit prostat, di antaranya:

  • Berusia di atas 40 tahun ke atas
  • Terdapat riwayat keluarga yang mengalami gangguan prostat
  • Mengidap infeksi salurah kemih (ISK)
  • Memiliki berat badan berlebih
  • Rutin mengonsumsi obat hipertensi jenis penghambat beta
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Menderita penyakit jantung atau diabetes.

Gejala Penyakit Prostat

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar