Pertama Kalinya Dalam Sejarah, Petugas Wanita Berpartisipasi Dalam Upacara Penggantian Kiswah Ka’bah

Upacara Penggantian Kiswah Ka'bah
Upacara Penggantian Kiswah Ka'bah

Hajinews.co.idUpacara penggantian Kiswah Ka’bah menjadi istimewa tahun ini. Untuk pertama kalinya, pejabat perempuan dari Departemen Humas Masjidil Haram dan Masjid Nabawi berpartisipasi dalam upacara tahunan tersebut.

“Pegawai wanita Otoritas Urusan Umum di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk pertama kalinya mengikuti upacara penggantian kiswah,” tulis unggahan X Inside the Haramain (@insharafain) pada Minggu (7/7/2024).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Pada Senin (8/7/2024), petugas wanita tersebut menggunakan pakaian seragam, yakni berniqab dan pakaian serba hitam. Deretan petugas wanita tersebut berbaris sembari mengantarkan lembaran kain kiswah dengan ornamen kaligrafi di atasnya kepada petugas lain.

Penggantian kiswah atau kain penutup Ka’bah sudah menjadi tradisi yang dilakukan setiap pergantian Tahun Baru Islam atau awal Muharram. Tahun ini, upacara penggantian kiswah digelar pada malam sebelum 1 Muharram 1446 H, tepatnya Sabtu, 6 Juli 2024 setelah salat Isya.

Dilaporkan kantor berita Arab Saudi, SPA, proses penggantian kiswah akan ditangani oleh 159 teknisi dan pengrajin.

Para teknisi akan melepas kiswah lama dan menggantinya dengan yang baru. Hal ini dilakukan dengan pembentangan empat sisi terpisah kiswah baru yang menimpa kiswah lama.

Setelah itu, kiswah baru akan mulai dipasang dari atas Ka’bah dengan mengikatnya dari bawah. Sementara itu, tali kiswah lama akan dilonggarkan.

Petugas akan menarik kiswah baru ke atas dan ke bawah beriringan dengan lepasnya kiswah lama secara perlahan. Proses itu diulang empat kali untuk tiap sisi hingga kiswah baru terpasang sempurna.

Sebelum pergantian kiswah tahunan, upacara serah terima kiswah baru telah digelar bulan lalu. Atas nama Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman, Wakil Emir Makkah dan Wakil Ketua Komite Haji Pusat Pangeran Saud bin Mishal menyerahkan kiswah baru kepada Wakil Penjaga Senior Ka’bah Abdul Malik Al-Shaibi pada 18 Juni 2024

Sumber: detik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *