Tajam! Refly Harun: Jokowi Bangun IKN Biar Diingat Rakyat

Tajam! Refly Harun: Jokowi Bangun IKN Biar Diingat Rakyat (foto istimewa)
banner 678x960

Hajinews.co.id — Pakar hukum tata negara Refly Harun mengungkapkan dirinya pernah mendengar alasan utama membangun Ibu Kota Nusantara (IKN). Bahwa, legasi membangun ibu kota mudah diingat rakyat ketimbang proyek jalan tol.

“Jadi ada yang bilang begini, ‘Kalau bapak bikin jalan tol itu rakyat paling cepat lupa. Namun, kalau bapak pindah ibu kota nah orang akan ingat terus selamanya’,” kata Refly dalam program Crosscheck Face to Face, Ahad (14/7).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Refly mengatakan alasan membangun ibu kota karena terkait legasi merupakan hal serius. Terlebih, untuk mengenang jasa dari Joko Widodo (Jokowi).

“Wah kalau misalnya pemindahan ibukota didasarkan pada keinginan untuk warisan, itu gawat sekali,” ujar Refly.

Dia tak memungkiri bahwa Presiden pertama RI Soekarno juga punya legas. Namun, itu sesuai dengan zaman dan urgensinya.

Refly juga menyoroti lokasi IKN Nusantara yang terlampau jauh dari Jakarta. Hal ini berdampak biaya mobilisasi yang tinggi. Khususnya kepada para aparatur sipil negara (ASN) yang awalnya berkantor pusat di Jakarta harus pindah ke IKN Nusantara.

“Kalau misalnya ibu kota itu digeser ke misalnya paling jauh Bandung atau paling jauh yang kemarin, Jonggol misalnya, maka dia tidak perlu berpindah relokasi tempat tinggal karena kerjaannya. Ini kan soal (uang),” tandas Refly.

sumber: Mediaindonesia

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Komentar