Tahukah Anda Kalau Sayuran Ini Mengandung Nikotin?

Sayuran Ini Mengandung Nikotin
kembang kol

Hajinews.co.id – Nikotin merupakan narkotika  golongan 1 yang biasa digunakan dalam dunia medis. Meskipun nikotin sendiri mempengaruhi perubahan suasana hati, nikotin bertindak baik sebagai stimulan maupun sebagai obat penenang (relaksasi).

Nikotin biasanya tersedia secara legal di rumah sakit, namun juga ditemukan dalam rokok. Namun tahukah Anda bahwa beberapa sayuran mengandung nikotin?

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Menurut Unirad, sayuran tersebut antara lain terong, tomat, kembang kol, paprika, dan kentang. Meskipun sayur-sayuran ini mengandung nikotin, namun kandungan nikotin pada sayur-sayuran tersebut tidak cukup tinggi hingga menimbulkan kecanduan, sehingga Anda tidak bisa ketagihan untuk mengonsumsi sayur-sayuran tersebut.

Haypp, penyedia produk nikotin bebas tembakau,  menjelaskan bahwa sebagian besar makanan yang mengandung nikotin berasal dari keluarga tumbuhan mengandung alkaloid yang dikenal dengan Solanaceae atau Solanaceae.

“Pada tanaman ini, kandungan nikotin diukur dalam mikrogram (µg) yakni satu juta µg sama dengan satu gram,” tulis perusahaan tersebut seperti dilansir dari Unilad.

Dari sayuran tersebut, tomat biasanya mengandung sekitar ‘7,1 µg/gram nikotin’ dengan konsentrasi nikotin menurun saat tomat matang. Paprika hijau berada di urutan kedua dengan kandungan ‘antara 7,7 hingga 9,2 µg/gram nikotin’ dan ‘kentang’ biasanya memiliki kandungan sekitar ’15 µg/gram nikotin‘.

Namun, konsentrasi nikotin pada kentang dapat meningkat menjadi ‘sekitar 52 µg/gram’ jika Anda memutuskan untuk menumbuknya dan jika Anda menggunakannya saat masih hijau, kentang bahkan dapat mengandung ‘sekitar 42 µg/gram’.

Kembang kol mengandung ‘sekitar 16,8 µg/gram’ meskipun bukan bagian dari keluarga nightshades, dan terong berada di urutan teratas dengan ‘100 µg/gram’.

Untungnya, Anda bisa terus makan tanpa perlu khawatir akan terkena dampak buruk atau kecanduan. Anda pun tidak mungkin terkena dampak nikotin bahkan jika Anda mengonsumsi makanan ini setiap hari.

Paling tidak, Anda perlu makan lebih dari 10 kg terong untuk mencapai kadar nikotin yang setara dengan sebatang rokok. Dengan kata lain, kadar nikotin yang sangat kecil tidak akan sebanding dengan sistem imunitas tubuh Anda.

Haypp menjelaskan, ketika Anda makan sayuran yang mengandung sejumlah kecil bahan kimia, bahan kimia tersebut akan ‘berjalan melalui usus Anda dan tubuh Anda dengan mudah mencernanya’.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *