Benarkah Warna Kesukaan Rasulullah SAW itu Hijau?

Warna Kesukaan Rasulullah SAW itu Hijau
ilustrasi: Rasulullah SAW

Hajinews.co.idNabi Muhammad SAW memiliki warna favorit yang disebutkan dalam beberapa hadits. Tak heran jika warna kesukaan Rasulullah SAW memiliki arti tersendiri.

Banyak yang mengatakan bahwa hijau adalah warna favorit Nabi Muhammad SAW. Apakah ini benar?

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Apa Warna Kesukaan Rasulullah SAW?

Hijau menjadi warna yang paling disukai Nabi Muhammad SAW. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadits yang dinukil dari Maadza Yauhubbu an Nabi Muuhammad SAW wa Maadza Yurikhu oleh Adnan Tharsyah terjemahan Nur Faizah Dimyathi.

Dari Anas bin Malik RA berkata, “Warna yang paling disukai oleh Rasulullah adalah hijau.” (Shahih Jami’ush-Shaghir)

Selain itu, dalam kesehariannya sang rasul juga sering mengenakan pakaian berwarna hijau. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits dari Abu Ritmsah RA,

“Aku melihat Rasulullah sedang berkhutbah dan beliau mengenakan dua helai pakaian berwarna hijau.” (HR Nasa’i dan Abu Dawud)

Diterangkan dalam buku Metode Rasulullah Mengatasi Problematika Rumah Tangga susunan Dr Abdussami’ Anis, warna hijau di sini merujuk pada pakaian bergaris-garis hijau, bukan hijau polos.

Kemudian, pada hadits lainnya dikatakan Nabi Muhammad SAW mengenakan jubah berwarna hijau. Diriwayatkan Abu Dawud, Abu Rimtsah RA menyampaikan:

“Aku pergi menjumpai Rasulullah bersama ayahku maka setelah sampai aku melihat beliau mengenakan dua jubah berwarna hijau.” (HR Abu Dawud)

Alasan Rasulullah SAW Menyukai Warna Hijau

Mengutip dari buku The Mirror of Mohammed susunan Abdul Ghaffar Chodri, alasan Rasulullah SAW menyukai warna hijau dijelaskan dalam sebuah hadits.

“Qatadah telah bercerita kepada kami, ‘Aku bertanya kepada Anas bin Malik, pakaian apakah yang paling disukai atau dikagumi oleh Rasulullah SAW?’ Ia menjawab, ‘Hibarah.’

Hibarah merupakan pakaian yang kainnya terbuat dari kapas atau katun Yaman dengan garis merah, biru atau hijau. Menurut Imam Thabrani, Rasulullah SAW menyukai hijau karena merupakan warna pakaian penduduk surga.

Dalam beberapa ayat Al-Qur’an turut disebutkan terkait warna hijau yang menjadi gambaran surga. Allah SWT berfirman dalam surah Insan ayat 21,

عٰلِيَهُمْ ثِيَابُ سُنْدُسٍ خُضْرٌ وَّاِسْتَبْرَقٌۖ وَّحُلُّوْٓا اَسَاوِرَ مِنْ فِضَّةٍۚ وَسَقٰىهُمْ رَبُّهُمْ شَرَابًا طَهُوْرًا ٢١

Artinya: “Mereka berpakaian sutra halus yang hijau, sutra tebal, dan memakai gelang perak. Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang suci.”

Nabi Muhammad SAW Anjurkan Muslim Kenakan Pakaian Warna Putih

Meski dikatakan menyukai warna hijau, dalam riwayat lainnya Nabi Muhammad SAW menganjurkan muslim untuk mengenakan pakaian warna putih. Baik ketika mereka hidup maupun meninggal dunia.

Mengutip dari Ihya 345 Sunnah Nabawiyah, Wasa’il wa Thuruq wa Amaliyah karya Raghib As-Sirjani yang diterjemahkan Andi Muhammad Syahri, dalam sebuah hadits dari Samurah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Pakailah pakaian warna putih kalian karena ia adalah pakaian yang paling bersih dan baik, dan kafankanlah mayit kalian dengannya.” (HR An-Nasa’i)

Wallahu ‘alam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *